Analisa Iklan Pada Stasiun Televisi


PENDAHULUAN

       Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia, dimanapun manusia berada, kapanpun manusia berada, tentu komunikasi adalah hal yang terpenting dalam hal apapun, terutama dalam pertukaran informasi. Karena, didalam proses komunikasi terdapat pertukaran informasi.Pertukaran informasi tersebut tentunya dapat dilakukan dengan berbagai cara oleh seorang komunikator kepada komunikan, dan dapat disampaikan dengan cara verbal maupun nonverbal juga dapat dilakukan secara langsung maupun menggunakan media. Salah satu cara yang baik dalam memberikan informasi, terutama kepada khalayak ramai yaitu dengan menggunakan media. Baik itu media cetak maupun media elektronik. Kedua media tersebut termasuk kedalam media massa. Media massa yang dianggap paling mempengaruhi khalayaknya dalam hal penyampaian informasi adalah televisi. Kehadiran televisi dalam kehidupan manusia memunculkan suatu peradaban, khususnya dalam proses komunikasi dan penyebaran informasi yang bersifat massal dan menghasilkan suatu efek sosial yang berpengaruh terhadap nilai-nilai sosial dan budaya manusia. 
Informasi yang diperoleh melalui siaran televisi dapat mengendap dalam daya ingatan manusia lebih lama dibandingkan dengan perolehan informasi yang sama tetapi melalui media lain. Alasannya karena informasi yang diperoleh melibatkan dua indera yaitu pendengaran (audio) dan penglihatan (visual) sekaligus secara stimultan pada saat yang bersamaan. Kemudian gambar yang disajikan melalui siaran televisi merupakan pemindahan bentuk, warna, ornamen, dan karakter yang sesungguhnya dari objek yang divisualisasikan (Muda, 2005).
            Program siaran televisi di Indonesia pada umumnya diproduksi oleh stasiun televisi yang bersangkutan. Stasiun televisi dapat memilih program yang menarik dan memiliki nilai jual kepada pemasang iklan, Dalam strategi pemasaran modern, keberadaan iklan sudah menjadi tuntutan yang tidak dapat dihindari demi sebuah produk yang ditawarkan agar mendapat perhatian dalam kehidupan masyarakat. sementara perusahaan produksi acara televisi dapat meraih keuntungan dari produksinya. Pada umumnya isi program siaran di televisi meliputi acara seperti berita, dialog interaktif, program pedesaan, periklanan, kesenian dan budaya, film, sinetron, pendidikan, kuis, komedi, dan lain-lain.Program acara di stasiun televisi dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasar materi program, format siaran, dan muatan isinya (Dominick; Messere; dan Sherman, 2004).
Berdasarkan produksi materi program, program acara yang ditayangkan televisi bisa berupa In-house Program (program acara yang diproduksi sendiri /intern oleh stasiun televisi); Can Program (program acara yang dibeli dari pihak lain, misal dari Production House); dan dapat berupa gabungan keduanya atau lazim disebut Mixing Program.
Menurut format siarannya, program acara televise dapat disirakan secara langsung (live) ataupun taping (recording). Sedangkan menurut jenis isinya, program acara televisi dapat dibagi menjadi program drama, non drama, dan news. Program acara yang termasuk kategori non drama dapat dipecah lagi menjadi program variety show, feature, infotainment, sport, musik, tv magazine, kuis, dll. Dari berbagai isi program tersebut terdapat pengiklan yang tertarik untuk mengiklankan prodaknya pada sebuah acara yang menurutnya dapat menarik perhatian masyarakat dengan mempertimbangkan beberapa hal. Seperti, rating yang sedang tinggi, acara yang sedang di gemari, dan program tertentu yang sedang ramai diberitakan.
Program televise tersebut disesuaikan dengan segmentasi masyarakat yang sedang berada di depan layar kaca. Maka dari itu, pengiklan pun dapat memilih program apa yang akan dijadikan tempat perusahaan beriklan sesuai segmentasi prodaknya. Selain itu waktu yang sering digunakan dalam menonton televise dan sangat pas untuk beriklan adalah waktu prime time. Karena, hasrat beriklan mencapai puncaknya pada acara-acara yang berkategori tayang prime time. Menurut Nielsen Media Research (NMR), prime time adalah waktu ketika semua orang sudah pulang ke rumah dan menonton televisi. Terletak antara pukul 19.00 – 21.00 malam. Prime time dipercaya akan menghasilkan rating yang lebih tinggi dibanding waktu lain. Pemahaman ini membuat acara yang tayang pada waktu tersebut menjadi lebih mahal harganya (Panjaitan & Iqbal, 2006: 42). Momen istimewa prime time digunakan televisi untuk menayangkan program acara (sebutlah sinetron) yang isinya kurang lebih sama. Akibatnya, publik yang ingin mencari alternatif tayangan lain seolah tidak diberi kesempatan. Hak publik untuk memperoleh keragaman materi produksi televisi (diversity of content) pada jam-jam tersebut tampaknya diabaikan begitu saja oleh pengelola stasiun televisi. 

No
Waktu
Program Acara
Iklan
Keterangan
Komersil
Layanan Masyarakat
Dan
Lain-lain
1.
00.30-00.39
RedBull (Hiburan)



Segment 1

00.39-00.41

-
-
Iklan Program Acara


00.41-00.55
RedBull



Segment 2

00.55-00.57

-
-
Iklan Program Acara


00.57-01.06
RedBull



Segment 3

01.06-01.08

-
-
Iklan Program Acara


01.08-01.17
RedBull



Segment 4

01.17-01.20

-
-
Iklan Program Acara


01.20-01.30
RedBull



Segment 5







2.
01.30-03.00
Liga Italy (Hiburan)











3.
03.00-03.10
Big Bigger Biggest (Hiburan)



Segment 1

03.10-03.12

-
-
Iklan Program Acara


03.12-03.22
Big Bigger Biggest



Segment 2

03.22-03.24

-
-
Iklan Program Acara


03.24-03.34
Big Bigger Biggest



Segment 3

03.34-03.36

-
-
Iklan Program Acara


03.36-03.46
Big Bigger Biggest



Segment 4



03.46-03.48



-


-

Iklan Program Acara


03.48-03.58
Big Bigger Biggest



Segement 5

03.58-04.00

-
-
Iklan Program Acara








4.
04.00-04.15
Cerita Hati (Pendidikan)



Segment 1

04.15-04.17

-
-
Iklan Program Acara


04.17-04.33
Cerita Hati



Segment 2

04.33-04.35

-
-
Iklan Program Acara


04.35-04.50
Cerita Hati



Segment 3

04.50-04-52

-
-
Iklan Program Acara


04.52-05.00
Cerita Hati



Segment 4







5.
05.00-05.09
Kompas Pagi (Informasi)



Segment 1

05.09-05.11

Fitbar
-
-


Torabika
-
-

Darsi
-
-

-
-
Iklan Program Acara

05.11-05.20
Kompas Pagi



Segment 2

05.20-05.22

-
-
Iklan Program Acara


Torabika
-
-

Fitbar
-
-

Darsi
-
-

05.22-05.31
Kompas Pagi



Segment 3

05.31-05.33

Promag
-
-


Darsi
-
-

-
-
Iklan Program Acara

05.33-05.43
Kompas Pagi

Segment 4

05.43-05.45

Torabika
-
-


Darsi
-
-

Fitbar
-
-

-
-
Iklan Program Acara

05.45-05.57
Kompas Pagi

Segment 5

05.57-05.59

Promag
-
-


Darsi
-
-

Fitbar
-
-

-
-
Iklan Program Acara

05.59-06.12
Kompas Pagi

Segment 6

06.12-06.14

Darsi
-
-


Promag
-
-

-
-
Iklan Program Acara

06.14-06.28
Kompas Pagi

Segment 7

06.28-06.30

Fitbar
-
-


Torabika
-
-

-
-
Iklan Program Acara







6.
06.30-06.40
Kompas Sport Pagi (Informasi)



Segment 1




06.40-06.42


Kacang Garuda

-

-


-
-
Iklan Program Acara

Balsem Lang
-
-

Chelsea tv
-
-

06.42-06.51
Kompas Sport Pagi



Segment 2

06.51-06.52

-
-
Iklan Program Acara


Kacang Garuda
-
-

06.52-07.00
Kompas Sport Pagi

Segment 3







7.
07.00-07.12
The Art of Flight (Hiburan)

Segment 1

07.12-07.15

Fitbar
-
-


Torabika
-
-

Darsi
-
-

Liverpool TV
-
-

-
-
Iklan Program Acara

07.15-07.27
The Art of Flight

Segment 2

07.27-07.30

-
-
Iklan Program Acara


Torabika
-
-

Darsi
-
-

Fitbar
-
-

07.30-07.43
The Art of Flights

Segment 3

07.43-07.45

Liverpool TV
-
-


Torabika
-
-

-
-
Iklan Program Acara

07.45-07.58
The Art of Flights

Segment 4

07.58-08.00

Torabika
-
-


Darsi
-
-

Fitbar
-
-

-
-
Iklan Program Acara







8.
08.00-08.12
Properties in Harmony Agung Podomoro
(Informasi)

Segment 1

08.12-08.14

Fitbar
-
-


Diabetasol
-
-

-
Konferensi Asia Afrika
-

-
-
Iklan Program Acara

08.14-08.27
Properties in Harmony Agung Podomoro

Segment 2

08.27-08.30

-
Konferensi Asia Afrika
-


Diabetasol
-
-

-
-
Iklan Program Acara

Fitbar
-
-







9.
08.30-08.42
Ziggie Wiggy
(Hiburan)

Segment 1

08.42-08.44

-
-
Iklan Program Acara


08.44-08.56
Ziggie Wiggy

Segment 2

08.56-08.58

-
-
Iklan Program Acara


08.58-09.10
Ziggie Wiggy

Segment 3

09.10-09.12

-
-
Iklan Program Acara


09.12-09.28
Ziggie WIggy

Segment 4

09.28-09.30

-
-
Iklan Program Acara








10.
09.30-09.13
Kabayan Nyintreuk
(Hiburan)

Segment 1

09.13-09.15

Diabetasol
-
-


Fitbar
-
-


-
-
Iklan Program Acara



09.15-09.53

Kabayan Nyintreuk


Segment 2

09.53-10.00

Chelsea Tv
-
-


-
-
Iklan Program Acara

Diabetasol
-
-







11.
10.00-10.10
Etalase (Informasi)

Segment 1

10.10-10.12

Diabetaso,
-
-


Fitbar
-
-

Torabika
-
-

-
-
Iklan Program Acara

10.12-10.23
Etalase

Segment 2

10.23-10.24

-
-
Iklan Program Acara


Torabika
-
-

Lion
-
-

10.24-10.30
Etalase

Segment 3







12.
10.30-10.38
Weekend Yuk
(Informasi)

Segment 1

10.38-10.41

Sweaty Safe Soft
-
-


Darsi
-
-

-
-
Iklan Program Acara

Sweaty Pants
-
-

10.41-10.49
Weekend Yuk

Segment 2

10.49-10.51

Sweaty Pants
-
-


Darsi
-
-

-
-
Iklan Program Acara

10.51-11.00
Weekend Yuk

Segment 3







13.
11.00-11.10
Perempuan
(Informasi)

Segment 1

11.10-11.12

Darsi
-
-


Mastin
-
-


-
-
Iklan Program Acara


11.12-11.19
Perempuan

Segment 2

11.19-11.21

-
-
Iklan Program Acara


Mastin
-
-

Darsi
-
-

11.21-11.33
Perempuan

Segment 3

11.33-11.36

-
-
Iklan Program Acara


11.36-11.50
Perempuan

Segment 4

11.50-11.53

Poldan Mig
-
-


Kacang Garuda
-
-

-
-
Iklan Program Acara

11.53-12.00
Perempuan

Segment 5







14.
12.00-12.22
Kompas Siang
(Informasi)

Segment 1

12.22-12.25

Fatigon Spirit
-
-


Promag Fruity
-
-

Kartu Halo
-
-

Vitalis
-
-

Darsi
-
-

12.25-12.38
Kompas Siang

Segment 2

12.38-12.40

Kartu Halo
-
-


Fatigon Spirit
-
-

Promag Fruity
-
-

EM Kapsul
-
-

12.40-12.47
Kompas Siang

Segment 3

12.47-12.49

Kartu Halo
-
-


Fatigon Spirit
-
-

Promag
-
-

Kacang Garuda
-
-

Nutrafol Chool
-
-

12.49-12.52
Kompas Siang

Segment 4

12.52-12.54

Kacang Garuda
-
-


Vitalis
-
-

Mastin
-
-

-
-
Iklan Program Acara

12.54-12.57
Kompas Siang

Segment 5

12.57-13.00

-
-
Iklan program Acara








15.
13.00-13.21
Mengenang “Lee Kuan Yew”
(Informasi)

Segment 1

13.21-13.22

Indomie
-
-




-
-
Iklan Program Acara


13.22-13.38
Mengenang “Lee Kuan Yew”

Segment 2

13.38-13.40

-
-
Iklan Program Acara


13.40-13.45
Mengenang “Lee Kuen Yew”

Segment 3

13.45-13.48

-
-
Iklan Program Acara


13.48-13.55
Mengenang “Lee Kuen Yew”

Segment 4

13.55-13.57

-
-
Iklan Program Acara



13.57-14.04

Mengenang “Lee Kuen Yew”





Segment 5

14.04-14.09

So Klin Bio Mati
-
-


Torabika
-
-

-
-
Iklan Program Acara

14.09-14.15
Mengenang “Lee Kuen Yew”

Segment 6

14.15-14.18

-
-
Iklan Program Acara


14.18-14.30
Mengenang “Lee Kuen Yew”

Segment 7







16.
14.30-14.40
Fun Venture
(Hiburan)

Segment 1

14.40-14.42

Gatsby
-
-


Kacang Garuda
-
-

-
-
Iklan Program ACara

14.42-14.50
Fun Venture

Segment 2

14.50-14.52

Gatsby
-
-


Kacang Garuda
-
-

-
-
Iklan Program Acara

14.52-15.00
Fun Venture

Segment 3







17.
15.00-15.15
Stand Up Comedy
(Hiburan)

Segment 1

15.15-15.17

Entrasol
-
-


Dettol
-
-

KFC
-
-

15.17-15.32
Stand Up Comedy

Segment 2

15.32-15.34

Kartu Halo
-
-


Mastin
-
-

-
-
Iklan Program Acara

15.34-15.44
Stand Up Comedy

Segment 3

15.44-15.46

Extra Joss
-
-


-
-
Iklan Program Acara

Dettol
-
-

15.46-16.05
Stand Up Comedy

Segment 4

16.05-16.07

-
-
Iklan Program Acara


16.07-16.25
Stand Up Comedy

Segment 5

16.25-16.27

Dettol
-
-




Kartu Halo
-
-




Mastin
-
-




-
-
Iklan Program Acara


16.27-16.40
Stand Up Comedy

Segment 6

16.40-16.42

Extra Joss
-
-


-
-
Iklan Program Acara

16.42-17.00
Stand Up Comedy

Segment 7







18.
17.00-17.12
Kompas Petang
(Informasi)

Segment 1

17.12-17.14

Mastin
-
-



Dettol
-
-


Entrasol
-
-


Lion Air
-
-








17.14-17.30
Kompas Petang

Segment 2

17.30-17.33

Lion Air
-
-


Entrasol
-
-

-
-
Iklan Program Acara

Mastin
-
-

17.33-17.45
Kompas Petang

Segment 3

17.45-17.47

-
-
Iklan Program Acara


17.47-18.05
Kompas Petang

Segment 4

18.05-18.10

Dettol
-
-


Mastin
-
-

-
-
Iklan Program Acara

18.10-18.20
Kompas Petang

Segment 5

18.20-18.21

-
-
Iklan Program Acara


18.21-18.30
Kompas Petang

Segment 6







19.
18.30-18.45
Kompas Sport (Informasi)

Segment 1

18.45-18.46

-
-
Iklan Program Acara


18.46-19.00
Kompas Sport

Segment 2







20.
19.00-19.14
Rumah Untung
(Hiburan)

Segment 1

19.14-19.16

-
-
Iklan Program Acara


19.16-19.30
Rumah Untung

Segment 2








19.30-19-31

-
-
Iklan Program Acara


19.31-19.46
Rumah Untung

Segment 3

19.46-19.48


-
-
Iklan Program Acara


Mastin
-
-

Djarum Super
-
-

Dettol
-
-

19.48-20.00
Rumah Untung

Segment 4







21.
20.00-20.50
Bundes Liga
(Hiburan)

Segment 1

20.50-21.05

Djarum Super
-
-


Indomie
-
-

-
-
Iklan Program Acara

21.05-22.15
Bundes Liga

Segment 2

22.15-22.30

Djarum Super
-
-


Indomie
-
-

-
-
Iklan Program Acara







22.
22.30-22.44
Kompas Malam (Informasi)

Segment 1

22.44-22.46


Iklan Program Acara


22.46-23.03
Kompas Malam

Segment 2

23.03-23.15


Iklan Program Acara


23.15-23.30
Kompas Malam

Segment 3







23.
23.30-23.50
Jazzy Nite
(Hiburan)

Segment 1








23.50-23.52

-
-
Iklan Program Acara


23.52-00.05
Jazzy Nite

Segment 2

00.05-00.15

-
-
Iklan Program Acara


00.15-00.30
Jazzy Nite

Segment 3


Profile Stasiun Televisi Kompas TV
KOMPAS GRAMEDIA TV (KGTV) dilaksanakan dengan mendirikan PT GRAMEDIA MEDIA NUSANTARA pada tahun 2008 dengan brand name KOMPASTV. KOMPASTV adalah sebuah perusahaan media yang menyajikan konten tayangan televisi inspiratif dan menghibur untuk keluarga Indonesia. Sesuai dengan visi misi yang diusung, KOMPASTV mengemas program tayangan news, adventure & knowledge, dan entertainment yang mengedepankan kualitas.

Konten program news KOMPASTV adalah program berita yang tegas, terarah, dan memberi harapan. Selain itu, untuk program lainnya, KOMPASTV menekankan pada eksplorasi Indonesia, baik kekayaan alam, khasanah budaya, Indonesia kini, hingga talenta berprestasi. Tidak hanya berhenti pada program tayangan televisi, tersedia pula produksi film layar lebar dengan jalan cerita menarik dan didukung talenta seni berbakat Indonesia.

Beberapa film layar lebar yang diproduksi adalah Lima Elang dan Garuda Di Dadaku (2 karya Rudi Soedjarwo), Cinta dalam Kardus, Sang Penari, dan kini tengah menjalin kerjasama dengan MILES Production dalam penggarapan Pendekar Tongkat Emas. Pada tanggal 28 Juni 2011, KOMPASTV mulai menayangkan program-programnya di salah satu stasiun televisi lokal.

Sebagai content provider, KOMPASTV tayang perdana pada tanggal 9 September 2011 berbagai kota di Indonesia: Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, dan Makassar. Jumlah kota tersebut terus bertambah hingga kini KOMPASTV dapat dinikmati di lebih dari 100 kota dan dapat dinikmati oleh 200 juta penduduk di seluruh Indonesia. Selain itu, KOMPASTV juga dapat dinikmati melalui streaming di www.kompas.tv/live serta melalui berbagai televisi berbayar, termasuk di antaranya, K-VISION.

Dengan kerjasama operasi dan manajemen, KOMPASTV memasok program tayangan hiburan dan berita pada stasiun televisi lokal di berbagai kota di Indonesia, bahkan di beberapa negara tetangga yang telah terlibat dalam proses kerja sama. Sejak 9 September 2011, KOMPASTV bekerjasama dengan provider televisi berbayar yang menyediakan kanal bagi KOMPASTV sehingga bisa memberikan tayangan dengan kualitas High Definition (HD). Kualitas High Definition menyajikan gambar dengan resolusi tinggi sehingga pemirsa dapat menikmati detail gambar dengan kontur jelas dan warna yang lebih tajam.

KOMPASTV juga tengah mengarah pada sistem televisi digital sesuai standar yang lazim digunakan secara internasional. KOMPASTV tentu memperhatikan kualitas program tayangan yang ditampilkan. Tumbuh dalam indutri televisi komersial dengan persaingan yang sangat ketat, KOMPASTV berusaha untuk tetap berada pada koridor visi misi sehingga dapat selalu menyajikan pogram tayangan inspiratif dan informatif dengan kemasan menarik bagi keluarga Indonesia. Bagi sebuah stasiun televisi, adalah tanggung jawab besar untuk turut membentuk moral bangsa.

Menjawab tantangan dunia media di Indonesia, sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA Group yang memiliki motto Enlightening People, KOMPASTV didukung dengan komposisi karyawan berkualitas dan berdedikasi tinggi senantiasa berusaha menyalurkan informasi yang akan menjadi Inspirasi Indonesia.

VISI MISI
VISI:
Menjadi organisasi yang paling kreatif di Asia Tenggara yang mencerahkan kehidupan masyarakat.

MISI:
Menayangkan program-program dan jasa yang informatif, edukatif, dan menghibur. Melibatkan pemirsa dengan program-program yang independen, khas, serta memikat yang disajikan melalui layanan multiplatform.


Analisis Program Televisi pada Stasiun Televisi Kompas TV   

          Program Acara di Stasiun Televisi Kompas Tv telah kami hitung dalam bentuk diagram yang kan menunjukkan hasil persentase klasifikasi 4 jenis tayangan yang berunsur Informasi, Hiburan, Ekonomi, dan Pendidikan sebagai berikut:

Menurut diagram di atas terlihat perbedaan diantara keempat klasifikasi program acara Kompas Tv pertanggal 29 Maret 2015.

a.       Hiburan menunjukkan persentase paling besar dengan rincian program acara yang berlangsung selama 13 jam dalam satu hari.
       x 100 = 54,1 %
b.      Informasi menunjukkan persentase terbesar kedua setelah Hiburan dengan rincian program acara yang berlangsung selama 10 jam dalam satu hari
 x 100 = 41,6 %

c.       Pendidikan berada di urutan ketiga dalam persentasi program acara Kompas Tv yang berlangsung selama 1 jam dalam satu hari.
 x 100 = 4,1 %

d.      Pada tayangan program televisi Kompas Tv pada tanggal 29 Maret 2015, tidak ada tayangan yang berkategori Ekonomi. Sehingga memiliki persentase terendah dibanding kategori Hiburan, Informasi, dan Pendidikan.
 x 100 = 0 %

Kesimpulan
Menurut persentase diatas, bila melihat dari Visi dan Misi Kompas Tv sudah selaras dengan tujuannya untuk menayangkan program-program yang informative, edukatif, dan menghibur. Namun pada pertanggal 29 Maret 2015 kategori Hiburan lebih mendominasi dari kategori lain. Menurut analisa kami, hal tersebut dikarenakan program acara yang tayang pada tanggal 29 Maret 2015 tepat pada hari minggu (weekend) dimana acara tv nasional lain pun lebih banyak menayangkan acara hiburan.

Rekomendasi/ Saran untuk Kompas Tv
Adapun saran yang direkomendasikan diantaranya:
a.       Pada program acara hiburan sebaiknya lebih menyuguhkan acara yang dapat menarik minat masyarakat. Bila dilihat dari iklan-iklan pada acara hiburan Kompas Tv, terbukti kurang menarik minat para produsen produk untuk mengiklankan produknya pada acara hiburan yang tayang di Kompas Tv.
b.      Sebaiknya demi mencapai misi Kompas Tv itu sendiri, lebih ditingkatkan program-program yang bertemakan pendidikan agar dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat. Baik itu untuk anak-anak, maupun usia lanjut.

c.       Kompas tv sejauh ini belum berhasil membuat program independen yang khas, ada baiknya bila membuat program acara dalam bahasan ekonomi dengan ulasan yang khas dan terupdate.

0 Response to "Analisa Iklan Pada Stasiun Televisi"