Komunikasi Bisnis Pertemuan 13



Judul : Peranan Presentasi (presentation) Dalam Komunikasi Bisnis


A. Pendahuluan 
Setelah anda menulis sebuah la\poran , setelah dicetak (ditik rapih), biasanya pean yang ditulis dalam sebuah laporan ingin diketahui oleh pemabaca atau oleh para penerima laporan. Agar penerima laporan itu lebih mengerti apa yang diungkapkan didalam pesan yang berbentuk laporan itu mudah dan lebih mengerti apa yang di ungkapkan di dalam pesan yang berbentuk laporan terebut, maka biasanya laporan tersebut dijelasakan lagi melalui “presentasi”atau presentation. 

Pesan yang akan dipresentasikan terebut biasanya ditransfer kedalam transparansi dengan dilengkapi data-data, grafik-grafik, statistic-statistik dan lain-lain.

Preentasi ini banyak digunakan dalam beberapa jenis situasi antara lain :
1. Dalam suatu briefing 
2. Rapat
3. Program latihan
4. Laporan perkembangan perusahaan atau bagian dalam perusahaan 
5. Penyajian pesan di dalam ebuah konferensi pers
6. Wawancara atau konferensi pers 
7. Penjelaan untuk ebuah proposal
8. Perkuliahan

Singkatnya presentasi adalah teknik yang cukup praktis dalam melakukan komunikasi tatap muka, dimana efisiensi waktu, dan kejelasan pesan akan lebih mudah tercapai. 

B. Definsi Singkat 
Menurut Jim Macnamara dalam buku yang berjudul The Modern Presenter’s with Hand Book menulis :
“Satu paket atau tip pengarahan bagaimana agar sebuah pesan atau informasi yang perlu diketahui oleh orang lain dengan menggunakan cara atau gaya berbicara di depan umum (Public Speaking). Dalam penyampaian itu bias berupa laporan, kuliah, atau pesan-pesan yang menyangkut masalah pekerjaan. Khususnya yang banyak dilakukan di dalam dunia bisnis dan ini banyak dilakukan oleh para eksekutif  binis, para professional. Biasanya presentasi ini dilakukan dengan menggunakan proyektor slides, juga kadang kala menggunakan layar computer, dibantu juga oleh Whiteboard atau alat-alat lain”. 

  Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hanya memberikan pengertian presentasi itu dengan pengertian : 
1. Penyajian tentang pidato
2. Penyajian atau pertunjukan 

Agung Nugroho M.Ed dalam tulisanya yang disajukan dalam diktat LAN menulis : “Presentation adalah sebuah bentuk komunikasi oral (lisan) yang efektif”. 

Dari pendapat atau definisi-definisi singkat singkat diatas dapat diambil uatu kesimpulan bahwa presentasi terebut adalah bagian dari ilmu komunikasi.preentasi adalah bentuk atau komunikasi. 

Presentasi adalah sebuah bentuk komunikasi oral (oral) kepada pendengar (audiens) dengan menggunakan peralatan yang serba cepat , menarik seperti OHP dsb.

C. Tujuan Presentasi 
Menurut diktat yang anda pelajari ada 3 tujuan presentasi anatara lain :
1. Untuk memotivasi, memberikan dorongan semangat kepada audiencenya agar lebih mudah mencernah peasan yang disampaikan, atau untuk dijadikan alat menarik perhatian. 
2. Untuk memberikan informasi 
3. Untuk memperuasi

D. Beberapa Rahasia suksesnya untuk sebuah Presentasi
1. Hindari perasaan rasa takut didalam diri presenternya
2. Presenter harus memiliki atau kemampuan dalam berpidato
3. Sebelum menyajikan presentasinya, presenter harus melakukan latihan kalau dia  belum biasa.
4. Ketereampilan pakaian presenter juga berpengaruh 
5. Menguasai teknik-teknik berpidato
6. Preenter harus menggunakan peralatan visual yang lebih menarik 
7. Menguasai penggunaan unsure-unsur pokok dalam penyampaian ide-idenya 
8. Memilki pengetahuan ilmu-ilmu bagaimana meyakinkan audiencenya.

Selain itu menurut Chritian Maher yang dikutip oleh Macnamara Presenter juga harus memilki : 
1. Anda harus dapat mengajak audiencenya atau mengiring audiencenya memauki ruang pertemuan dimana preentasi tersebut akan diadakan. 
2. Anda bisa menyakinkan audiens bahwa pesan yang akan dipresentaikan tersebut berguna bagi mereka. 
3. Anda harus menyiapkan pesan atau kasus yang disajikan terebut secara terencana yang baik.
4. Jangan memaksa pendengar untuk mendengarkan pesan atau kasus yang disajikan tersebut secara. 
5. Anda mampu mengautkan pesan anada tersebut agar pendengar lebih bersemngat untuk mendengarkanya
6. Anda harus ingat, bahwa audience bisa saja tidak menyetujui isi pesan yang anda sampaikan 
7. Kapasitas penyampaian pesan yang baik tidak melebihi 350 kata untuk etiap menitnya, ini untuk audiens yang memilki mental yang baik untuk yang kurang, hanya memilki kapaitas 150 kata permenit.
8. Ingat presentasi itu adalah tindakan menjual pesan, oleh akrena itu harus menjaulnya secara baik dan  menarik.

E. Lima unsure dasar untuk menyiapkan presentasi dikenal dengan sebutan The Five P
1. Unsure Proper (Layak)
2. Unsur Preparation (persiapan mataeri atau bahan)
3. Prevents (Pencegahan)
4. Buang Unsur Poor (yakin)
5. Ada unsure Performance (penamilan)

F. Delapan langkah (Steps Of A Presentasi) untuk menuju ukses presentasi
1. Saiapkan subjek pengetahuna yang mendukung presentasi tersebut
2. Pelajari dan analisi audiencenya (Komunikan) yang akan diterpa
3. Pelajari situasi daerah dimana presentasi akan dilakukan 
4. Buat garis besar presentasi akan dilakukan 
5. Lakukan penelitaian gdungrag diman kita akan melakukan tata ruang, fentilatsi kedap suara dan lain-lain.
6. Tulislah catatan penujang yang diperlukan buku catatan penunjang yang diperlukan dibuka catatan tersendiri.
7. Siapkan peralatan presentasi termauk AVA nya
8. Prekatekan dahulu dihadapkan teman atau kenalan yang bisa memberikan pengarahan. 

G. Stuktur organisasi Sebuah preentasi 
1. Bagian opening (pembukaan) 
2. Main Budy (tatang Tubuh)
3. Conclusion (penutup, Kesimpulan

0 Response to "Komunikasi Bisnis Pertemuan 13"