Komunikasi Bisnis Pertemuan 6



Judul : Komunikan (Audience) Dalam Komunikasi Bisnis Di Dukung Oleh Kebutuhan Motivasi Serta Motif Individu

A. Pengertian Umum
Secara umum pengertian komunikan adalah orang atau individu yang menerima pesan dari komunikator (pengirim pesan). Dalam komunikasi, komunikan dapat muncul dalam berbagai istilah, antara lain:
1. Komunikan (penerima pesan)
2. Audience (bila dalam sebuah pertemuan dalam ruangan tertentu atau pendengar ceramah, khotbah dan lain-lain).
3. Bisa juga massa, kalau komunikannya diterpa oleh media massa.
4. Society (anggota masyarakat)
5. Bisa juga community (masyarakat khusus di sebuah lingkungan tertentu).
6. Bisa juga buyer (pembeli)
7. Customers (pelanggan)
8. Consumers (pemakai produk) dll.

Komunikan ini juga dapat disebut juga sebagai tujuan didalam komunikasi. Bila seorang Public Relations Officer akan menyampaikan pesan maka komunikannya disebut Public.

B. Beberapa Pengertian Komunikan
Menurut Prof. Astrid Susanto, Ph. D, memberikan pengertian komunikan itu dengan arti sebagai berikut:
“Kelompok sasaran atau resipiet atau penerima berita atau informasi”. (Astrid 1974 : 2)
Sedangkan menurut kamus komunikasi (Leksikon Komunikasi) memberikan arti sebagai berikut:
“Komunikan (Comunicant) adalah orang menerima pesan dalam komunikasi atau orang yang menjadi sasaran komunikasi atau disebut juga khalayak”. (Deksikon Depdikbud)

C. Hal yang Ada Di Dalam Diri Komunikan
Pesan yang diingankan komunikan haruslah:
1. Sesuai dengan kebutuhan mereka
2. Sesuai dengan ruang lingkup pengetahuan mereka
3. Menarik diri mereka
4. Menguntungkan mereka
5. Dimengerti oleh mereka
6. Diminati oleh mereka
7. Diterima oleh mereka bila timing tepat

Oleh karena itu komunikator harus semi berhati-hati memilih pesan yang akan disampaikan, melakukan perencanaan terlebih dahulu. Melakukan pengorganisasian dari pesan yang akan disampaikannya. Untuk memenuhi semua itu komunikator harus memperhitungkan kebutuhan komunikan (communicant needs) untuk menjangkau kebutuhan itu dapat gunakan sebagai dasar umum oleh komunikator itu Teori Abraham Maslow yang dikenal Needs Theory:

1. Kebutuhan Fisiologi, meliputi:
a. Makan
b. Minum
c. Bernafas
d. Seksual 

2. Kebutuhan untuk memiliki (belongingness) meliputi:
a. Kebutuhan untuk diterima didalam kelompok.
b. Kebutuhan untuk berafiliasi.
c. Kebutuhan untuk berintegrasi.
d. Kebbutuhan untuk mencintai dan dicintai, dll

3. Kebutuhan Rasa Aman (safety and security needs), meliputi:
a. Kebutuhan akan perlindungan dari ancaman.
b. Kebutuhan perlindungan dari bahaya.
c. Kebutuhan perlindungan dari situasi lingkungan yang berbahaya.

4. Kebutuhan akan harga diri (esteem needs) meliputi:
a. Kebutuhan untuk dihormati.
b. Kebutuhan untuk dihargai oleh orang lain.

5. Kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri (self actualization needs), meliputi:
a. Kebutuhan untuk menggunakan atau memperlihatkan kemampuan skill dan potensi yang ada pada dirinya.
b. Kebutuhan untuk berpendapat dengan mengemukakan ide-ide, member penilaian, kritik, dsb.

Dari hasil penelitian para ahli kebutuhan yang diinginkan di dalam diri manusia itu dalam persentase mencapai:
1. Kebutuhan rasa aman 70%
2. Kebutuhan harga diri mencapai 40%
3. Kebutuhan aktualisasikan diri mencapai 10%
4. Kebutuhan untuk memiliki dan mencintai ada 50%

Disamping kebutuhan manusia itu komunikator harus tahu pula tentang motif yang ada didalam diri manusia ini, agar pesan yang disampaikan itu efektif.

D. Motif-Motif & Motivations yang Perlu Diketahui
Didalam diri manusia ada motif maupun motivation yang menggerakkan manusia berbuat sesuatu. Dan ini perlu diketahui oleh komunikator. Pengertian motif dan motifasi antara lain:
Menurut Abraham Sperling, motif adalah:
“Motif didefinisikan sebagai suatu kecenderungan untuk beraktifitas dilmulai dari dorongan dalam diri (dives) dan diakhiri dengan penyesuaian diri dikatakan untuk memuaskan motif”. (mangkunegara 1988 : 11)
Sedangkan pengertian motivasi atau motivatios adalah:
“Motivasi didefinisikan sebagai suatu kondisi yang menggerakkan manusia kearah suatu tujugan tertentu”/ (Ibid : 11)
Dari motif, kebutuhan (needs), maupun motivasi inilah terbentuk didalam diri manusia atau individu itu perilaku (behavior). Dari unsure-unsur ini pula komunikan dapat menghayati sebuah pesan yang disampaikan oleh komunikator tersebut secara baik pula. Dan muncullah di dalam diri individu atau komunikan itu:
1. Minat (interest) akan pesan itu.
2. Keinginan untuk mengikuti kehendak pesan itu.
3. Mau mengikuti kehendak pesan itu.
4. Memanfaatkan apa yang idarahkan oleh pesan itu.

Atau sebaliknya menentang dan meolaknya.



0 Response to "Komunikasi Bisnis Pertemuan 6"