Makalah Cyber Humas Hotel Hilton Bandung


DESKRIPSI KASUS
Dalam tema yang kami bahas mengenai Cyber Humas. Disini Kami melihat dari sisi kehumasan suatu perusahaan, apakah humas dalam perusahaan itu telah melakukan yang seharusnya dilakukan. Seperti yang kita ketahui tidak semua perusahaan memberlakukan dan memposisikan humasnya dengan sebagaimana kerja seorang humas seharusnya. Karena ini bertemakan tentang cyber yang termasuk dalam dunia maya. Jadi kami melihat masalah yang ada pada situs web Hotel Hilton Bandung. Dalam situs web Hotel Hilton Bandung di alamat “www.hilton.com” dapat dilihat bahwa perusahaan ini cukup bagus. Karena web di perlihara dengan baik, sehingga informasi yang ditampilkan dalam web tersebut selalu berkembang (update) setiap hari mengenai informasi hotel.
Dari hasil analisa yang kami dapatkan, situs web perusahaan ini lebih menonjol pada sisi pemasarannya dengan lebih banyak ditampilkannya catalog beberapa harga-harga kamar yang ditawarkan. Kami tidak menemukan sama sekali berita-berita mengenai kegiatan hotel, hal ini menandakan bahwa perusahaan kurang memperhatikan kepentingan citra, yang manacitraitusendiridapatdiperolehdaripengunjung website. Situs web ini tidak memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenalkan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang di publikasikan atau isi tulisan dari website perusahaan tersebut. Dapat dikatakan situs web ini bersifat non interaktif. Seharusnya citra itu menjadi masalah terpenting/utama bagi suatu perusahaan, agar dapat memperoleh kepercayaan bagi pelanggan/pengguna hotel. Karena mengisi web dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang sering diadakan hotel dapat menambah atau menimbulkan citra positif bagi pengunjung website. Hotel Hilton Bandung juga tidak ada kegiatan CSR, dimana kegiatan tersebut sangat berguna bagi kelangsungan perusahaan.

Yang sangat kami sayangkan adalah manfaat dari “web” itu sebenarnya sangat luas apalagi bagicyber humas. Dimana humas dapat berperan banyak untuk meningkatkan citra perusahaan. Oleh karenaitu, sangat sayang sekali jika “web” suatu perusahaan hanya digunakan untuk promosi saja. Yang seharusnya juga menambahkan kegiatan perhumasan di dalam web tersebut. Selain di dalamnya untuk promosi, pada halaman web kita dapat memasukan dokumentasi kegiatan-kegiatan apasaja yang bernilai positif serta dapat meningkatkan citra perusahaan, seperti kunjungan suatu universitas kepada hotel bersangkutan.

BAB I

Definisi Public Relations

Public Relations adalah gabungan dari dua buah kata yaitu Public dan Relations. Public adalah salah satu kelompok dalam masyarakat dimana didalam masyarakat yang sifatnya heterogen. Terdapat sekelompok orang yang sifatnya homogen. Yang homogen inilah yang dapat dikategorikan sebagai public. Kata public secara universal yaitu sekelompok orang yang sama terhadap sesuatu hal.
Dalam bahasa Indonesia kata Relation diterjemahkan sebagai Hubungan tetapi dalam kaitannya dengan PR. Relations yang dimaksud adalah Jamak. Dari pengertian kata Relations bahwa hubungan yang dilakukan dalam kegiatan PR adalah banyak. Dalam arti kata kegiatan PR pada pelaksanaannyamelibatkan berbagai macam hubungan, tidak hanya dalam suatu macam hubungan.

Definisi Public relations atau Humas menurut para ahli

Menurut British Institute of Public Relations

Public Relations activity is management of communications between an organization and its public. Public Relations practice is deliberate , planned , and sustain effort to establish and maintain mutual understanding between an organization and its public.

Menurut Frank Jeffkins adalah Public Relations consist of all forms of planned communications , outward , between , an organizations and its public for the purpose of achieving spesivic objectives concering mutual understanding.

(PR merupakan keseluruhan bentuk komunikasi yang terencana,baik itu keluar maupun ke dalam, yakni antara suatu organisasi dengan publiknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik atas dasar adanya saling pengertian).

Menurut Cutlip,Center and Broom adalah PR is management function that iderntities, establish, and maintains mutually beneficial relationship between an organizations and the various publics on whom its success or failure depends.
Definisi ini menjelaskan bahwa PR adalah fungsi manajemen yang menyatakan, membentuk dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan berbagai macam publik. Dimana hal tersebut dapat menentukan sukses atau gagalnya organisasi.

Menurut Grunig mengembangkan definisi tersebut menjadi manajemen komunikasi antara organisasi.

Menurut Lawrence W.Long dan Vincent Hazelton mengembangkan sebuah definisi baru yang lebih modern dan memadai bahwa Public Relations adalah fungsi komunikasi melalui adaptasi organisasi, mengubah atau membina hubungan dengan lingkungan dengan tujuan bersama-sama mencapai tujuan organisasi. Pendekatan ini menggambarkan bahwa Public Relations adalah lebih dari sekedar mempersuasi melainkan juga membantu mengembangkan kondisi komunikasi terbuka, saling pengertian/saling memahami dengan di dasari ide bahwa organisasi juga mau berubah (dalam proses berprilaku dan bersikap) tidak hanya sebagai sasaran khalayak saja.

Sejarah Perkembangan PR

Istilah PR dikenal mulai abad ke-20, yaitu di Negara tempat kelahiran nya di AS, walaupun gejalanya timbul ditandai dengan adanya hubungan seseorang dengan orang lain. Dalam sejarahnya PR dilahirkan oleh perintis sekaligus pelopor yang kemudian diangkat sebagai THE FATHER OF PUBLIC RELATIONS yaitu IVY LEDBETTER LEE. Yang ditahun 1906 berhasil menanggulangi kelumpuhan industri batu bara di AS dengan sukses. Disamping Ivy masih ada beberapa tokoh pelopor PR seperti :
1. Paul Garret
2. T.J Ross
3. Erick Johnson
4. Arthur W Page
5. Carl Byois
6. Verne Bernett

Tugas Seorang Public Relations adalah :

Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan , tulisan , melalui gambar kepada publik. Memonitor , merekam dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat. Memperbaiki dan menjaga citra organisasi. Tanggung jawab social. Komunikasi , PR mempunyai bentuk komunikasi yang khusus yaitu komunikasi timbale balik.

Pengertian E-PR (Cyber PR)

Public Relations yang menggunakan media internet disebut juga E-PR atau Inisiatif PR. Inisiatif PR ini di Indonesia lebih dikenal dengan Cyber PR. E dalam E-PR adalah mengacu pada media elektronik internet (co : E-mail, E-Commerce). Bagi perusahaan membangun hubungan antara bisnis di suatu perusahaan dan public audience merupakan hal yang sangat penting , dan internet mampu melakukan nya Ribuan One to One Relations dapat dibangun secara simultan secara Interaktif.
Beberapa Peristilahan dalam dunia E-PR :
  • Banners ads yaitu sejenis iklan kecil yang ditempatkan di situs web
  • Cost per click(CpC) yaitu biaya yang dikenakan kepada si pengiklan setiap kali seorang pengunjung mengklik iklan banner mereka.
  • CPM (Cost Per Thousand) yaitu menghitung biaya iklan banner jika suatu situs web menjual ruang iklan yang didasarkan atas impression.
  • CyberMall yaitu kumpulan took maya yang dikumpulkan dalam satu situs mall online, disebut juga internet shopping mall.
  • Cybernout yaitu orang yang berselancar di dunia maya.
  • Hits yaitu berapa kali pengunjung mengakses ke suatu situs web atau file atau objek yang ada di situs web.
  • Unsolicited Email yaitu mengirim email promosi ke sekelompok orang secara random dan tanpa dasar persetujuan. Sama dengan spamming.
  • Viral marketing yaitu gaya publisitas dari mulut ke mulut .
  • Impressions / Page views yaitu apabila iklan banner dilihat.jika seseorang mengunjungi suatu halaman web enam kali dan melihat iklan berarti akan menghasilkan enam impressions.

Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking , Inter kependekkan dari International, Connection berarti hubungan dan Networking adalah Jaringan. Sehingga internet merupakan system komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Berbagai jenis computer dengan spesifikasi yang berbeda-beda dapat saling berkomunikasi melalui internet. Beberapa bentuk jaringan yang berbeda-beda dapat saling bertukar informasi dan data melalui internet menggunakan seperangkat aturan yang disebut protocol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Untuk membedakan setiap computer atau jaringan yang terhubung ke internet maka digunakan sebuah identitas tertentu yang disebut alamat IP (IP Address). Alamat IP merupakan kombimasi angka-angka yang menunjukkan identitas sebuah computer atau jaringan di Internet. Contoh alamat IP adalah : 203.130.232.140.
Beberapa hal yang bisa dipahami PR melalui penggunaan internet:
  • PR harus menyadari bahwa khalayak /public dapat mengakses Press Release yang dikirim melalui internet atau server dengan kata-kata yang mudah dipahami.
  • Public dapat mengakses Press Release dalam home page yang ada di world wide web.
  • PR dapat membuat mailing list dari publiknya.

Keuntungan PR menggunakan internet :

  • Informasi cepat sampai pada public
  • Bagi PR, internet dapat berfungsi sebagai iklan , media , alat marketing sarana penyebaran informasi dan promosi.
  • Siapapun dapat mengakses internet.
  • Tidak terbatas ruang dan waktu.
  • Internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.

Kegiatan PR dengan internet akan sangat mendukung kegiatan offline PR untuk menghasilkan 3R bagi perusahaan yaitu :
- Relations
- Reputasi
- Relevansi
Pemanfaatan internet harus all out didunia fisik identitas perusahaan , karakter-karakter nya , reputasi nya dapat dilihat langsung oleh siapapun mulai dari pelanggan , competitor , investor , wartawan , dan bahkan competitor bisnis. Pengalamatan di internet, Fasilitas dan layanan internet adalah :
1. hyper text transfer protocol (http)
2. file transfer protocol (ttp)
3. gopher
4. telnet
5. usenet
6. volc
7. IRC
8. WAP
9. shareware
10. freeware
11. e-mail


Koneksi Internet
Hal-hal yang di perlukan :
1. memiliki hardware yang memenuhi syarat untuk koneksi ke internet.
2. berlangganan dengan ISP sebagai badan jasa layanan internet.
3. memiliki software aplikasi untuk internet.

Cara koneksi ke internet dapat dilakukan dengan :
1. penyedia layanan internet (ISP)
2. gateway
3. leased line
4. dial up

Protokol TCP/IP
Dengan adanya TCP/IP (transmission control protocol) memungkinkan semua sistem yang terhubung ke dalam nya bias berkomunikasi dengan sistem yang lain nya. Istilah dalam internet protocol : Host Internet Node Router

Fasilitas yang disediakan Internet, antara lain :
  • Browsing/Surfing, yaitu kegiatan ber selancar di internet. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di ineternet.
  • E-mail, kita dapat saling berkirim surat secara elektronik.
  • Mailing list, merupakan salah satu fasilitas untuk berdiskusi melalui e-mail dan dapat bertukar surat atau pesan.
  • Chatting, yaitu kegiatan berkomunikasi dengan orang lain di internet.
  • Download, adalah proses mengambil file dari computer lain menlalui internet ke computer kita.
  • Upload, yaitu proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet.

Pengenalan E-Commerce

Electronik Commerce secara umum merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen,manufaktur,ISP dan pedagang perantara dengan menggunakan media elektronik.dalam hal ini media elektronik utama dengan menggunakan Internet.

Konsep E-Commerce
E-Commerce memiliki 5 (lima) konsep dasar yaitu :
  • Automation
Otomasi bisnis proses sebagai pengganti proses manual (konsep enterprise resource planning).
  • Streaming / integrations
Proses yang terintegrasi untuk mencapai hasil yang efisien dan efektif (konsep just in time)
  • Publishing
Kemudahan berkomunikasi dan berpromosi untuk produk dan jasayang diperdagangkan (konsep electronic cataloging)
  • Interactions
Pertukaran informasi / data antar pelaku bisnis dengan meminimalisasikan human error ( konsep electronic data interchange)
  • Transaction
Kesepakatan dua pelaku bisnis untuk bertransaksi dengan melibatkan institusi lain sebagai fungsi pembayar (konsep electronic payments). http://ravieka.wordpress.com/
                                          
BAB III
Kesimpulan
Cyber Humas pada perusahaan Hotel Hilton sudah dianggap dengan dengan pemeliharaannya. Namun stratrgi PR atau CSR nya belum diterapkan, karena pada halaman “web” tidak terdapat dokumentasi kegiatan hotel serta buku tamu dan kolom komentar tidak tersedia, sehingga halaman web dianggap kurang interaktif.
Saran
Pada “web” ditambahkan dokumentasi-dokumentasi kegiatan PR atau CSR, seperti kegiatan-kegiatan social yang dilakukan perusahaan

Pada “web” ditambahkan buku tamu dan kolom komentar atas isi tulisan yang dipublikasikan agar terjadi interaksi.

0 Response to "Makalah Cyber Humas Hotel Hilton Bandung"