Makalah Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah
Pada era teknologi komunikasi digital seperti sekarang ini, kehadiran berbagai inovasi produk teknologi informasi dan komunikasi membuat model-model baru dalam kegiatan berkomunikasi. Kehadiran berbagai produk media sosial mulai mengaburkan batas-batas antara komunikasi massa dan personal. Proses komunikasi pada media sosial tidak terdapat adanya konteks kelembagaan. Hal ini yang mempengaruhi kondisi apakah pesan yang disampaikan memiliki nilai moral berupa tanggung jawab oleh pengirim atau komunikator pesan.
Internet adalah suatu alat komunikasi dari teknologi komunikasi sekarang ini yang sangat banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai kantoran dan masih banyak lagi. Banyak hal yang bisa didapatkan dari internet ini. Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada internet. Segalah bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia internet sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan, hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar. Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Internet membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan komunukasi, apa lagi dengan adanya fitur-fitur pada internet seperti google yang bisa membantuh kita dalam pencarian informasi dan data-data yang sedang kita butuhkan. Bukan saja itu terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai digunakan orang untuk memberikan berbagai macam komunikasi. Dengan adanya layanan ini maka maka kita dapat berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat kita baik dalam negeri maupun yng diluar negeri tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Tidak sedikit orang yang menggunakan Facebook di Indonesia. Berdasarkan data Kominfo April 2012, setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook di Indonesia.
Namun system komunikasi yang berjalan pada Facebook belum sempurna, Situs ini secara perlahan membuka diri kepada setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Namun berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna.Keterbukaan informasi, membuat pola penyebaran informasi berubah, dimana produsen informasi yang tidak terlembagakan bebas menyebarkan berbagai informasi tanpa melalui pintu gerbang media (gateway). Akhirnya ada banyak informasi yang diterima oleh orang-orang, walaupun informasi itu berupa konten sampah yang tidak penting sama sekali. Konten sampah ini kemungkinan memiliki hubungan dengan dorongan (visi) retoris sebagaimana disampaikan di atas, yang mencirikan bahwa seseorang cenderung membebaskan dirinya untuk memberikan komentar, atau menyebarkan informasi tanpa pernah memikirkan apakah informasi tersebut penting untuk diketahui oleh khalayak atau tidak. Sehingga lahir Opini publik dari konvergensimedia sosial ini membentuk suatu gugusan opini yang khas. Seorang bebas memilih informasi mana yang ingin dia konsumsi, walaupun secara tidak sadar ia mengkonsumsi pesan-pesan tak bermutu yang tampil di hadapannya. Hal ini dapat menjadi cerminan masyarakat karena dorongan untuk memilih dan menyampaikan idenya dipengaruhi oleh motivasi dan cara berfikir seseorang.
Sehingga terkadang ada pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa internet dapat mendatangkan suatu dampak negative. Pada internet terdapat situs-situs porno, internet itu adalah virus dan hal-hal negative lainnya. Pada hal yang paling terpenting adalah bagaimana dari diri kita sendiri melihat tentang hal tersebut.
Dari keadaan tersebut, bagaimana cara kita menggunakan sarana komunikasi ini sebagai sesuatu yang bermanfaat, dan berguna bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita harus bersyukur dengan hadirnya internet kita dapat melakukan berbagai hal dalam alat komunikasi yang satu ini, dan berbagai macam hal-hal mudah yang dapat kita lakukan. Internet telah mengubahkan dunia ini, dengan adanya internet menjadikan dunia ini bagaikan duni tanpa batas. Gunakan internet sebagai sarana alat komunikasi yang dapat membatuh kita untuk hal-hal yang posotif dan berguna.
Diperlukan adanya suatu perbaikan pada system yang sedang berjalan dan sosialisasi kepada pada orang tua dan para pengguna sehingga mempunyai pemahaman yang baik serta penggunaan internet yang baik dan secara tepat.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti bermaksud untuk mengambil judul “Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi” dengan tema “Dampak Intenet”


1.2         Identifikasi masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah peneliti uraikan, maka peneliti mengidentifikasikan masalah Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi, sebagai berikut:
1.    Sejauh mana dampak Internet terhadap proses komunikasi?
2.    Sejauh mana dampak media sosial terhadap proses komunikasi?
3.    Sejauh mana dampak facebook terhadap proses komunikasi?




1.3         Maksud dan Tujuan Penelitian
1.3.1   Maksud penelitian
Maksud dari penelitian ini adalah untuk membangun pemahaman masyarakat mengenai dampak perkembangan teknologi komunikasi khusunya internet serta media social yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, agar masyarak Indonesia dapat memanfaatkan media ini dengan positif.
1.3.2   Tujuan Penelitian
Adapu tujuan Peneliti melakukan penelitian ini adalah?
1.    Sejauh mana dampak Internet terhadap proses komunikasi?
2.    Sejauh mana dampak media sosial terhadap proses komunikasi?
3.    Sejauh mana dampak facebook terhadap proses komunikasi?


1.4  Kegunaan Penelitian
Pada penelitian ini Penelitimengharapkan manfaat yang maksimal, walaupun dolaksanakan dengan kemampuan yang terbatas, sehingga penyajian jauh dari kesempurnaan. Adapun kegunaannya sebagai berikut:
1.4.1 Kegunaan Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap para pengguna facebook tentang dampak dari internet serta media social itu sendiri yang berguna untuk memberikan pengertian dan pemahaman lebih lanjut dari kelebihan dan kekurangan perkembangan teknologi komunikasi
1.4.2  Kegunaan Praktis
1.    Bagi Peneliti
Penelitian ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagi Peneliti mengenai kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi pada masa sekarang dan yang akan dating khususnya mengenai dampak internet, sehingga teori yang diterima dapat dikembangkan dan dipraktikan secara nyata.
2.    Bagi Peneliti Lain
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada peneliti lain atau para akademis yang akan mengambil skripsi atau tugas akhir dalam kajian yang sama sekaligus sebagai referensi di dalam penulisan
3.    Bagi Pengembangan Ilmu
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pembanding antara ilmu manajemen (teori) dengan keadaan yang terjadi langsung di lapangan (praktek). Sehingga dengan perbandingan tersebut akan lebih memajukan ilmu Perkembangan Teknologi Komunikasi yang sudah ada untuk ditahapkan pada dunia nyata dan dapat menguntungkan berbagai pihak.
Pembahasan Tema
Dampak Internet
Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan emosi untuk mencapai sesuatu bersama atau pertukaran pesan agar tercapai pemahaman yang sama tentang pandangan, gagasan dan pengalaman. Komunikasi itu bersifat timbal balik, bersifat simbolik, dan komunikasi itu mengenal konteks orang, tempat dan waktu. Tanpa komunikasi maka manusia tidak dapat melakukan apa-apa. Karena komunikasi adalah alat yang sangat penting dan sangat diperlukan untuk berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi sangat penting dan diperlukan dalam segala bidang kehidupan. Mulai dari masyarakat yang terkecil hingga terbesar memerlukan komunikasi. Dalam komunikasi tedapat Proses penyampaian pesan dari seseorang (pengirim) kepada orang lain (penerima) dengan maksud menerima umpan balik. Manfaat dari komunikasi sendiria dalah membantu pertumbuhan kepribadian yang sehat, membantu memenuhi kebutuhan hidup, mengembangkan hubungan interpersonal. Begitupula dalam dunia internet komunikasi sangat diperlukan.
Pengertian internet adalah diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas layanan internet Browsing. Secara gampangnya internet itua dalah gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.
Internet adalah suatu alat komunikasi yang sangat banyak digemari orang saat ini. Baik itu anak sekolahan, mahasiswa, pegawai kantoran dan masih banyak lagi.Banyak hal yang bisa didapat kandari internet ini.Apa saja yang kita perlukan dapat dicari pada situs-situs yang ada pada internet. Segala bentuk komunikasi dapat ditemukan disini. Dalam dunia internet sendiri kita dapat mendapatkan banyak komunikasi baik dunia pendidikan, hiburan, olaraga, berita-berita terkini baik dalam negeri maupun dunia luar. Semua bisa didapat disini, sangat lengkap dan berfariasi. Dengan adanya internet membuat dunia ini bagaikan dunia tanpa batas. Karena banyak hal kita dapat lakukan dalam dunia komunikasi yang satu ini. Kita dapat berhubungan dengan semua orang diberbagai belahan dunia. Dengan kemudahan yang semakin canggi selalu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Internet membuat kemudahan bagi kita untuk melakukan komunukasi, apa lagi dengan adanya fitur-fitur pada internet seperti google yang bisa membantuh kita dalam pencarian informasi dan data-data yang sedang kita butuhkan. Bukan saja itu terdapat juga fitur facebook yang lagi ramai digunakan orang untuk memberikan berbagai macam komunikasi. Dengan adanya layanan ini maka maka kita dapat berhubungan dengan orang-orang, serta kerabat kita baik dalam negeri maupun yng diluar negeri, bukan saja itu terdapat juga Elektronik mail (E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat dengan orajng lain, tanpa mengenal batas waktu, ruang bahkan birokrasi. Searching yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet. Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet. world wide web (WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil, memformat dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links. Mailing list Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail. mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi, pendapat dan lain sebagainya. Newsgroup Fasilitad ini digunakan untuk berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet.
Bukan saja itu, Download Adalah proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita. Upload Adalah proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet. File transfer protocol (FTP) Fasilitas ini digunakan untuk melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet .beberapa di internet telah tersedia file atau document yang siap untuk diduplikat oleh orang lain secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper Fasilitas ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan anda dapat mengambil informasi tersebut. Dan masih banyak lagi fitur-fitur pada internet yang setiap saat akan selalu memberikan informasi-informasi yang terbaru kepada kita pada saat kita membutuhkan informasi tersebut. Dengan demikian maka untuk hal berkomunikasi dapat kita lakukan secara mudah dan cepat dengan menggunakan fasilitas tercanggi yang terdapat pada jaringan internet sendiri.
Tapi terkadang ada pikiran-pikiran atau gagasan-gagasan yang menyatakan bahwa internet dapat mendatangkan suatu dampak negative. Pada internet terdapat situs-situs porno, internet itu adalah virus dan hal-hal negative lainnya. Padahal yang paling terpenting adalah bagaimana dari diri kita sendiri melihat tentang hal tersebut. Bagaimana cara kita menggunakan sarana komunikasi ini sebagai sesuatu yang bermanfaat, dan berguna bagi kita dan masyarakat luas. Karena kita harus bersyukur dengan hadirnya internet kita dapat melakukan berbagai hal dalam alat komunikasi yang satuini, dan berbagai macam hal-hal mudah yang dapat kita lakukan. Internet telah mengubahkan dunia ini, dengan adanya internet menjadikan dunia ini bagaikan duni tanpa batas. Gunakan internet sebagai sarana alat komunikasi yang dapat membatuh kita untuk hal-hal yang posotif dan berguna.

PembahasanJudul
Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi tentu saja memberikan konsekuensi terhadap proses komunikasi dan konsekuensi itu berupa perubahan pola dan hubungan sosial di dalam masyarakat. Ciri utama media sosial adalah media dirancang untuk menjangkau banyak orang.
Pada era teknologi komunikasi digital seperti sekarang ini, kehadiran berbagai inovasi produk teknologi informasi dan komunikasi membuat model-model baru dalam kegiatan berkomunikasi. Kehadiran berbagai produk media sosial mulai mengaburkan batas-batas antara komunikasi massa dan personal. Proses komunikasi pada media sosial tidak terdapat adanya konteks kelembagaan. Hal ini yang mempengaruhi kondisi apakah pesan yang disampaikan memiliki nilai moral berupa tanggung jawab oleh pengirim atau komunikator pesan.
Media sosial merupakan tempat atau sarana untuk menghubungkan manusia untuk berinteraksi dalam media sosial. Kemunculan internet telah membawa dampak yang signifikan terhadap cara orang mengonsumsi media. Tidak sedikit orang yang menggunakan internet, di Indonesia yang memiliki penduduk 245 juta jiwa, pengguna internet sebanyak 55 juta orang (pada tahun 2011). Angka ini menempatkan Indonesia berada pada urutan ketida pengguna internet terbesar dunia.
Pemanfaatan media sosial dalam proses berkomunikasi semakin populer, saat ini facebook dan twitter membintangi media sosial karena jumlah penggunanya yang sangat banyak. Berdasarkan data Kominfo April 2012, setidaknya tercatat sebanyak 44,6 juta pengguna Facebook dan sebanyak 19,5 juta pengguna Twitter di Indonesia.
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.[8] Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna.[ Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara "apa yang dibeli teman".

Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan dari pada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satujuta pencarian), sementarapengguna Facebook mengklikiklandengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satujuta halaman).
Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang berusah amengubah 1,1 juta tampilan menja di 8,000 kunjungan kesitus mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasa warsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulaiturun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkin kansetiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Hal ini telah menunjukkan bahwa sosial media merupakan media pilihan yang digemari oleh publik saat ini. Bahkan, sudah banyak ponsel yang menyediakan fitur-fitur yang terhubung dengan internet, sehingga siapapun dapat mengakses sosial medianya dengan cepat dan mudah di manapun berada. Selayaknya media massa, sosial media juga dapat menyebarkan informasi kepada publik secara luas tanpa diketahui dengan berbagai informasi. Dampaknya, informasi-informasi tersebut hanya mengalir begitu saja tanpa arti.
Menurut Dosen Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto, berkembang pesatnya facebook disebabkan konvergensi tiga hal, teknologi komunikasi, trend lifestyle, dan fantasi atau visi retoris. Dari situ kita bisa memahami, bahwa teknologi komunikasi itu hanyalah perangkat teknis yang ‘mati’ walaupun mempengaruhi pemanfaatannya karena kodifikasi program atau sekumpulan perintah yang membangunnya sebagai situs yang friendly user. Lalu pada aspek lifestyle tentu saja merpuakan pengaruh yang kuat dari luar (lingkungan), dimana kebutuhan untuk bereksistensi atau berafiliasi menjadi semacam ‘mode’ yang menuntut seseorang agar tidak ketinggalan jaman. Yang terakhiradalahpengaruh yang paling penting, tentusajafatasidanvisiretoris.
Keterbukaan keran informasi, membuat polapenyebaran informasi berubah, dimana produsen informasi yang tidak terlembag akan bebas menyebarkan berbagai informasi tanpa melalui pintu gerbang media (gateway). Akhirnya ada banyak informasi yang diterima oleh orang-orang, walau pun informasi itu berupa konten sampah yang tidak penting sama sekali. Konten sampah ini kemungkinan memiliki hubungan dengan dorongan (visi) retoris sebagaimana disampaikan di atas, yang mencirikan bahwa seseorang cenderung membebaskan dirinya untuk memberikan komentar, atau menyebarkan informasi tanpa pernah memikirkan apakah informasi tersebut penting untuk diketahui oleh khalayak atau tidak.
Selanjutnya, perlu disadari kembali bahwa social media memegangkendali yang cukup tinggi untuk mempengaruhi publik karena kekuatannya yang sangat besar untuk mempengaruhi publik yang tidak bisadilakukan oleh organisasi manapun.
Perkawinan antara keduanya menjadikan tekanan informasi media semakin “dalam” dalam mempengaruhi publik. Tak heran bagaimana media sosial digunakan dalam kampanye Barrack Obama yang memiliki peran signifikan dalam usaha memenangkannya. Demikian pula yang terjadi pada kampanye pasanganJokowi-Ahok yang memanfaatkan kekuatan media sosial seperti twitter untuk mempengaruh iopini publik.
Opini publik yang lahir dari konvergensi media sosial ini membentuk suatu gugusan opini yang khas. Seorang bebas memilih informasi mana yang ingin dia konsumsi, walaupun secara tidak sadar ia mengkonsumsi pesan-pesan tak bermutu yang tampil di hadapannya. Hal ini dapat menjadi cerminan masyarakat karena dorongan untuk memilih dan menyampaikan idenya dipengaruhi oleh motivasi dan cara berfikir seseorang.
           
           


0 Response to "Makalah Dampak Media Sosial Facebook Terhadap Proses Komunikasi"