Tugas 3 Hardware Lengkap



1. Tulis dan jelaskan perintah-perintah pada command prompt yang berfungsi dengan jaringan komputer!
Jawab

ipconfig /all
Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary DNS Type, Ethernet Adapter LAN.

ipconfig /flushdns
Menghapus DNS Cache

ipconfig /release
“Menghapus” semua koneksi IP Address.

ipconfig /renew
Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu.

ipconfig /displaydns
Menampilkan DNS Cache.

ipconfig /registerdns
Melakukan refresh DNS dan meregister kembali koneksi DNS.

ipconfig /showclassid
Menampilkan informasi DHCP Class.

ipconfig /setclassid
Mengubah DHCP Class ID

control netconnections
Menampilkan Network Connection.

nslookup
Mengetahui alamat ip address dari nama domain yang di tuliskan

netstat
Menampilkan informasi koneksi TCP/IP yang sedang aktif.

route
Menampilkan local route.

hostname
Menampilkan nama komputer.

ping
Semakin sedikit % loss-nya maka semakin baik koneksinya.

tracert
Menampilkan informasi IP Address route.

2. apakah susunan warna kabel straight dan cross harus sama dengan standar susunan internasional yang sering digunakan? bolehkan sesuai dengan keinginan kita? jelaskan berserta dengan alasan dan contoh settingannya!
Jawab
Sebaiknya sususan warna kabel straig dan cross disamakan saja dengan susunan standar, hal ini menghindari kebingungan ketika orang lain yang mengambil andil.
Boleh-boleh saja menyusun kabel straigh dengan keinginan sesuai kita, namun hal ini akan membungungkan kita di kemudian hari jika tidak mencatat atau lupa terhadap susunan yang kita buat.

3. Apa perbedaan bandwith dengan capacity pada suatu jaringan?
Jawab

Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
Bandwidth capacity adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket.

4. Menurut Anda, topologi jaringan manakah yang paling baik untuk digunakan? Jelaskan beserta alasannya!
Jawab:

Kelebihan topologi star adalah topologi ini sangatlah flexible dan untuk mendeteksi apabila terjadi gangguan pada komputer yang terhubung ke jaringan, mengontrol jaringan dapat dilakukan dengan sangat mudah, dan juga apabila kita akan menambah atau mengurangi komputer juga tidak akan mengalami kesulitan. pada model topologi jaringan star juga memiliki tingkat keamanan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan model topologi jaringan lainya.

Kekurangan topologi star adalah untuk membangun jaringan ini, kita memerlukan biaya yang tinggi, karena model dari topologi ini memerlukan banyak kabel serta pengadaan switch / hub, topologi ini sangat tergantung pada switch/ hub dari faktor kestabilannya, sehingga apabila komponent switch atau hub mengalami kerusakan atau gangguan maka seluruh jaringan juga akan mengalami gangguan.

5. Apa yang maksud dengan Gigabit ethernet?
Jawab:

Gigabit Ethernet merupakan salah satu NIC yang banyak digunakan secara luas, dan juga memiliki kecepatan tertinggi saat ini. Meskipun ada juga NIC dengan kecepatan 10 Gbps, tetapi NC tersebut masih jarang sekali digunakan di dalam jaringan.

Dengan menggunakan gigabit Ethernet ini maka setiap file, informasi dan paket data yang dikirmkan dapat dengan cepat ditransmisikan melalui jaringna kompter, karena memiliki kecepatan sebesar 1 gigabit ber detiknya.

6. Sebutkan aplikasi yang bisa digunakan untuk simulasi jaringan komputer!
Jawab:
Simulator Network GNS3
GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.

Prinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputer anda, sehingga PC anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwicth Card. GNS3 merupakan tool pelengkap yang mudah dan gratis yang dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri memperoleh sertifikasi Cisco, seperti CCNA, CCNP, CCIP, bahkan CCIE.

Ada beberapa router simulator di pasaran, tetapi terbatas pada command line-nya. Banyak command atau parameternya yang tidak mendukung pada waktu digunakan di lab latihan. Pada simulator ini, anda hanya melihat representasi output simulator router disana, dimana ketepatan hasilnya dibuat oleh pembuat software tersebut.

Dengan GNS3, anda seperti menjalankan router sesungguhnya. Jadi, anda akan melihat secara nyata apa yang IOS Cisco hasilkan dan anda juga dapat mengakses beberapa command dan parameter yang didukung oleh IOS tersebut.
Sebagai tambahan, GNS3 merupakan sebuah sumber terbuka yang dapat anda unduh secara gratis pada situs resminya di gns3.net. Anda hanya perlu menyediakan Cisco IOS yang akan digunakan bersama GNS3. 

GNS3 awalnya dikembangkan oleh Jeremy Grossman. Yang selanjutnya dikembangkan oleh David Ruiz, Romain Lamaison, Aure’lien Levesque dan Xavier Alt. Dynampis dikembangkan oleh Christophe Fillot. Dynagen dikembangkan oleh Greg Anuzelli. Dan masih banyak lagi orang-orang yang berperan dalam mengembangkan software GNS3 ini.

0 Response to "Tugas 3 Hardware Lengkap"