Tugas Entrepreneur Bab 1 Lengkap


1. Jelaskan mengapa seorang Entrepreneur dikatakan melakukan pekerjaan mulia?
Jawab:
Entrepreneur melakukan pekerjaan mulia karena ia memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain, serta memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memperoleh nafkah dan biaya hidup bagi keluarganya dari perusahaan yang ia bangun, mulai dari beberapa orang hingga ribuan orang, yang berarti ia telah member nafkah bagi ribuan begitu banyak keluarga yang membutuhkan pekerjaan untuk menghidupi dan menafkahi keluarganya.

2. Apa kiat Saudara guna berperan dalam mengatasi pengangguran dan kemiskinan di Negara kita?
Jawab:
Untuk mengurangi masalah pengangguran, Negara kita membutuhkan minimal 2% Entrepreneur dari jumlah penduduk negara kita. Sehingga lapangan kerja dapat tercipta. Apalagi jika jumlah Entrepreneur bisa lebih dari dari 2% itu akan lebih baik lagi. Kemudian mendidik sejak dini agar generasi penerus bangsa tidak bermental karyawan atau pekerja, tetapi mempunyai mental atau cita-cita sebagai Entrepreneur.

3. Jelaskan usaha apa yang menjadikan Saudara senang dan bersemangat bila membangun usaha tersebut?
Jawab:
Profesi hobi saya adalah seorang fotographer dan videograper. Saya senang memotret serta membuat film-film pendek serta video klip. Saya ingin membuka sebuah Photo Studio, Foto Pra Wedding, video project atau pun video klip dan membuka penyewaan kamera, lensa, sekaligus membuka toko penjualannya serta menerima service kamera. Jadi kita akan senang melaksanakan usaha kita jika itu merupakan hobi atau kesenangan kita, sehingga kita akan rileks menjalankan usaha tersebut. Kemudian hobi sekarang mulai banyak disukai jika membuka usaha service, sewa dan penjualan alat-alat kamera tentunya akan menguntungkan. Untuk photo studio dan pra wedding juga salah satu kebutuhan pasar yang sedang berkembang.

4. Bila Saudara mendirikan usaha baru, apa target utama yang ingin Saudara capai?
Jawab:
Tentunya kita harus memajukan dan menjadikan usaha atau perusahaan kita unggul. Yang jelas usaha yang saya dirikan harus inovatif dan berbeda dari yang lain, tujuan pertama adalah mempunyai target keuntungan yang kita tentukan, kemudian keuntungan tersebut sebagian kita gunakan untuk menumbuhkan atau mendanai perusahaan tersebut agar dapat lebih maksimal. 

5. Sebutkan tiga Entrepreneur Indonesia dari tiga sector berbeda yang Saudara idolakan dan jelaskan alasan Saudara memilih ketiga Tokoh tersebut sebagai idola Saudara.
Jawab:
“Chairul Tanjung” adalah seorang lulusan sarjana kedokteran, namun akhirnya dia berkecimpung di dunia bisnis dan akhirnya sukses, walau sebenarnya itu bukan bidang keilmuan saat beliau kuliah. Perusahaan yang dia miliki adalah CT. Corp termasuk stasiun tv Trans Tv, Trans 7 dan pemilik saham terbanyak Kompas TV. Serta ia memilika bank Mega, Gramedia, Kompas dan pemilik saham terbanyak Carefure.
  “Jokowi” adalah seorang pebisnis yang mulai dari nol, awalnya beliau hanyalah seorang tukang kayu, yang kemudian mendirikan mebeul. Dan usahanya berkembang pesat sehingga ia berhasil menjadi Entrepreneur seperti sekarang ini, dan kemudian terjun kedunia politik. Beliau sempat menjadi Wali Kota Solo, Gubernur Jakarta dan menjadi orang nomor satu di Indonesia sebagai Presiden Indonesia periode 2014-2019.
“Jusuf Kalla” Tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO dari NV Hadji Kalla. Di bawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidang-bidang perhotelan, konstruksi, pejualan kendaraan, perkapalan, real estate, transportasi, peternakan udang, kelapa sawit, dan telekomunikasi. Beliau sempat menjadi wakil presiden pada periode 2004-2009 dan sekarang kembali menjabat sebagai wakil presiden periode 2014-2019.

6. Sebutkan tiga Entrepreneur kelas Dunia yang Saudara kagumi dan jelaskan alasan Saudara memilih ketiga Tokoh tersebut.
Jawab:
“Steve Jobs” adalah seorang pendiri dari perusahaan Apple. Beliau tidak menuntaskan kuliahnya namun lebih memilih untuk berbisnis. Dan karena usaha serta keseriusan akhirnya beliau berhasil menjadi seorang Entrepreneur. Kini merek “Apple” menjadi salah satu merek dagang yang terbaik juga terkenal dengan kualitasnya juga yang baik, meskipun harganya tergolong cukup mahal.
“Bill Gates” adalah pemilik perusahaan sekaligus pendiri Microsoft, yang software hampir digunakan oleh semua pengguna komputer. Beliau pun tidak menuntaskan study nya, namun beliau dapat mempekerjakan orang-orang lulusan sarjana. Berkat penemuaanya tersebut seluruh dunia menjadi dapat mengoperasikan komputernya dengan mudah.
“Mark Zuckerberg” adalah Entrepreneur muda yang berhasil menciptakan inovasi baru media social Facebook. Yang penggunanya hampirdari seluruh dunia. Sehingga penghasilan dari media social tersebut terutama periklanan sangat menguntungkan tentunya. Berkat penemuaannya orang-orang yang berada jauh dari kita, dapat dengan mudah untuk berinteraksi dengan kita.

7. Apa pandangan Saudara terhadap para Entrepreneur di tanah air?
Jawab:
Mereka ikut berperan serta dalam membangun kesejahteraan negara. Contohnya seperti saat negara kita terkena musibah bencana alam tsunami di Aceh, CT. Corp telah membantu dengan menciptakan CT. Foundation di Sumatra Utara untuk membantuk para korban yang kehilangan orang tuanya, sehingga mereka mendapatkan tempat tinggal dan pendidikan yang layak. Selain itu para Entrepreneur  juga membantu menciptakan lapangan pekerjaaan dan berhasil membangun perumahan, hotel, dan lain-lain di negara kita, yang bersifat membantu perekonomian di negara kita.

8. Pelajaran apa yang dapat Saudara ambil dari para Entrepreneur sukses?
Jawab:
Untuk menjadi seorang Entrepreneur itu tidak instan, namun diperlukan dorongan serta tanggung jawab yang besar atas diri kita sendiri. Kita harus sebisa mungkin menghargai waktu serta potensi yang ada pada diri kita. Banyak Entrepreneur yang berasal dari keluarga kurang mampu bahkan miskin berhasil tumbuh, berkembang dan maju berkat kemampuan berkreasi dan berinovasi, mandiri, ulet & tekun, rajin, disiplin, siap mengahdapi risiko, piawai meraih peluang dan cerdas dalam mengelola sumber daya berhasil untuk mengahsilkan nilai tambah dan profitabilitas (keuntungan) sehingga menjai orang kaya.

9. Kemajuan suatu Bangsa antara lain ditentukan oleh seberapa banyak jumlah Entrepreneur yang dimiliki Negara tersebut. Mengapa?
Jawab:
Negara-negara seperti Singapura yang mempunyai jumlah Entrepreneur lebih dari 2% mereka telah menjadi sebuah negara yang maju. Karena seorang Entrepreneur  ikut membantu serta menentukan perkembangan perekonomian negara. Coba amati perumahan-perumahan, real estate, hotel-hotel, telvisi swasta, dan perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia hamper seluruhnya adalah milik dari Entrepreneur- Entrepreneur yang ada di negeri kita. Berkat para Entrepreneur tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai rata-rata 6% PDB setiap tahunnya dan menjadikan Indonsia sebagai negara yang ekonominya paling stabil di dunia sehingga kondusif untuk investasi.


10. Sebutkan lima jenis pilihan bisnis yang akan Saudara pertimbangkan secara serius bila akan membuka usaha baru dan jelaskan mengapa memilih kemlima bisnis tersebut.
Jawab:
1) Photo studio
2) Photo Pra Wedding
3) Perusahaan video Project
4) Penyewaan kamera, lensa serta perlengkapan kamera
5) Toko Kamera
6) Tempat service Kamera
Saya memilih kelima bidang usaha tersebut karena saya menyenangi photograpy dan videodrapy. Sehingga saya akan nyaman dalam menjalankan usaha tersebut. Karena saya mengetahuijuga trik-trik kamre serta jenis kamera yang harus digunakan dan mengetahui kebutuhan pasar. Kemudian hobi sekarang mulai banyak disukai jika membuka usaha service, sewa dan penjualan alat-alat kamera tentunya akan menguntungkan. Untuk photo studio dan pra wedding juga salah satu kebutuhan pasar yang sedang berkembang.

11. Bila seseorang yang bekerja di Pemerintahan menjadi kaya-raya maka masyarakat akan mempertanyakan sumber kekayaan tersebut. Jika seorang Entrepreneur  yang menjadi kaya raya justru orang akan mengagumi atas kesuksesannya tersebut. Jelaskan Analisis Saudara terhadap hal tersebut.
Jawab:
Seseorang yang bekerja di sebuah Pemerintahan adalah seorang pekerja yang gajihnya sudah ditetapkan, shingga orang-orang akan curiga jika rekeningnya atau kekayaannya meningkat secara mendadak, maka ia akan dicurigai itu adalah hasil dari krupsi uang rakyat seperti Gayus Tambunan. Berbeda dengan seorang Entrepreneur  jika ia kekayaan atau jumlah tabungan direkeningnya meningkat secara mendadak, orang-orang akan memujinya karena sudah jelas seorang Entrepreneur tersebut memiliki sebuah perusahaan yang sedang berkembang, sehingga tidak aneh jika kekayaanya terus meningkat. Malah ornag-orang akan membicarakan dan mengagumi kesuksesannya tersebut.

12. Dunia telah berubah sedemikian pesatnya sehingga tidak ada lagi batasan Negara dari sisi informasi karena peran Telematika. Sejauh mana peran Entrepreneur bagi kemajuan di bidang IPTEK, Humaniora dan Lingkungan? Jelaskan alasan Saudara!
Jawab:
Entrepreneur tentunya sangat berperan dibidang kemajuan IPTEK, Humaniora atau pun lingkungan. Karena seorang Entrepreneur yang menggeluti bidang media massa yaitu media cetak atau pun elektronik dapat menyampaikan pesan, informasi serta membangun atau memanusiakan manusia (Humaniora) atau pun dapat menyampaikan agar kita selalu memelihara lingkungan. Seperti PT Ciputra Grup. Ciputra anak pedagang kelontong di sebuah desa kecil di Gorontalo, ia berhasil merubah kotoran dan rongsokan menjadi Emas. Ancol yang kotor dan terlantar dapat diubahnya menjadi Taman Impian Jaya Ancol, yang sekarang termasuk kawasan lima besar dunia dengan pengunjung terbanyak lebih dari 13 juta orang per tahun.

13. Mengapa banyak para Entrepreneur yang telah sukses dibidangnya masing-masing kemudian dipilih rakyat untuk menjadi Bupati, Wali Kota, Gubernur, Menteri, Wakil Presiden atau Presiden? Jelaskan penilaian Saudara terhadap fenomena tersebut.
Jawab:
Menurut saya, jika seseorang telah berhasil memerdekakan dirinya sendiri atau lebih tepatnya adalah sukses. Maka mereka akan mudah untuk mendapat kepercayaan. Karena tujuan mereka untuk ikut berkecimpung di dunia politik adalah sepenuhnya untuk memperjuangkan kepentingan rakyat bukan untuk memperjuangkan kepentingan dirinya sendiri (memperlancar prijinan bisnis atau mencari keuntungan dari uang rakyat). Karena untuk apa mereka mencari uang lagi di pemerintahan, karena uang yang dihasilkan oleh perusahaan mereka jauh lebih besar dari pada uang yang mereka hasilkan dari menipu rakyat.

14. Indonesia termasuk Negara yang sangat tinggi tingkat Korupsinya. Menurut Saudara apa yang harus dilakukan oleh seorang Entrepreneur dalam ikut berperan memberantas korupsi tersebut? Jelaskan!
Jawab:
Kita harus menjadi seorang Entrepreneur yang bersih dan jujur. Misalnya dalam masalah perijinan, kita tidak boleh menggunakan pelicin, sogokan untuk memuluskan urusan bisnis perijinan kita pada pemerintahan, baik perijinan, pajak dan lain-lain. Hindari yang namanya korupsi, kolusi dan nepotisme.

15. Buat kesimpulan Saudara terhadap materi bhahasan dalam Bab-1 ini!
Jawab:
Banyak hal yang dapat dilakukan jika kita berhasil menjadi seorang Entrepreneur, selain dapat membantu keluarga kita sendiri kita dapat membantu membangun negara, memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Kita ikut berperan serta mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di negara kita.

0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 1 Lengkap"