Tugas Entrepreneur Bab 11 Lengkap



1. Perencanaan sumber daya manusia penting dilakukan, apa manfaat perencanaan SDM bagi usaha-usaha yang baru berdiri, sedang berjalan atau sedang mengalami krisis?
Jawab:
Perencanaan SDM sejak baru berdiri pun harus dilakukan atau direncanakan dengan matang, karena mereka yang akan mengelola asset, produk serta melayani konsumen. Sehingga nyawa atau kehidupan tergantung kepada mereka.

2. Pengembangan karier sangat penting baik bagi perusahaan mau pun bagi karyawan. Siapa sebenarnya yang paling bertanggung jawab terhadap pengembangan karier karyawan dan mengapa hal ini menjadi isu strategis di perusahaan?
Jawab:
Pengembangan karier merupakan tanggung jawab HRD. Seangkan yang menjadi isu strategis dari career planning (focus pada individu), adalah:
1) Mengidentifikasi minat dan kemampuan diri.
2) Rencana dan tujuan karier individu.
3) Menyampaikan pengembangan kepada para atasan.
4) Menguji berbagai jalur pilihan karier yang ada dalam organisasi ataupun di luar organisasi.
5) Berpartisipasi dalam pelatihan dan kesempatan pengembangan.

3. Apakah Manajemen Talenta diperlukan perusahaan? Apa manfaat yang dapat diperoleh dari manajemen Talenta? Bagaimana sebuah bisnis dapat melakukannya?
Jawab:
Talenta atau bakat adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan kinerja yang baik, yang muncul terus0menerus dan dibawa sejak lahir. Oleh karena, talenta harus diasah untuk mempertajam kemampuannya.
Manfaat bagi perusahaan tentunya bagian-bagian dari organisasi perusahaan dapat berjalan dengan baik dan maksimal karena berada di tangan-tangan orang tepat untuk mengelolanya.
Sebuah bisnis dapat melakukannya dengan langkah langkah sebagai berikut:
1) Identifikasi kecenderungan (prefensi) bakat dan minat masing-masing individu.
2) Setelah mengetahui bakat dan minat setiap individu, perusahaan dapat memberikan job assignment yang sesuai dengan minat dan bakatnya tersebut.
3) Perform bakat seseorang dipetakan dalam octagonal, di mana sumbu X menggambarkan talent fit dan sumbu Y menggambarkan performance. Selanjutnya, octagonal tersebut dikelompokkan dalam empat kuadran, saitu: Star, Good Performer, Problem Employee dan Difficult People.

4. Mengapa perusahaan perlu menerapkan total quality management (TQM)? Bagaimana sebaiknya implementasi total quality management (TQM) di perusahaan?
Jawab:
Karena TQM dapat mengingkatkan kepuasan pelanggan dengan memotivasi karyawan untuk memberikan pelayanan yang baik.
Cara mengimplementasikan TQM di perusahaan antara lain dengan menekankan pelaksanaan pekerjaan secara kolektif dan lintas fungsional, membuka peluang untuk pelatihan karyawan, kepuasan pelanggan dan mutu disbanding penekanan yang bersifat tradisional dan individualism, krarki dan keuntungan.

5. Di Indonesia begitu banyak orang yang berpendidikan tinggi, akan tetapi sebagian besar perusahaan Indonesia dimiliki pihak asing. Coba analisis apa sebabnya dan apa kaitannya dengan kualitas SDM di Indonesia?
Jawab:
Karena orang Indonesia itu memiliki pola piker “cepat lulus, cepat kerja”. Jadi orang Indonesia hanya “berfikir untuk bekerja”. Sedangkan orang asing “berfikir untuk menciptakan usaha”.

6. Menurut Anda bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia?
Jawab:
Untuk meningkatkat kualisat SDM Indonesia tentunya dengan diberikan pengertian dan seminar-seminar yang bersifat missal. Masyarakat diberikan pengertian sesederhana mungkin agar mereka mengerti bahwa “cepat lulus, cepat kerja” adalah pemikiran yang kurang ideal, tapi berusahalah mendirikann suatu usaha atau bisnis, meskipun sedang atau masih menempuh pendidikan.

7. Sipakah figure orang Indonesia yang Anda idolakan dan menurut Anda apakah yang bersangkutan asset bagi bangsa ini? Mengapa?
Jawab:
Chairu Tanjung adalah seorang sosok Entrepreneur yang sangat hebat menurut saya, hampir berbagai media ia pua punya antara lain media cetak dan elektronik. Beliau memiliki hati nurani sehingga telah mendirikan CT. Foundation di Medan Sumatera Utara untuk mengurus korban Tsunami Aceh 2014.

8. Siapakah orang Indonesia yang di akuidi mata internasional karena kualitas dan intelektualnya? Bagi anda apakah figure ini member motivasi untuk terus meningkatkan SDM kita?
Jawab:
Sosok Indosia yang dikenal dimata Internasional adalah Ir. Habibie, beliau cerdas karena satu-satunya orang Indonesia yang dapat merancang pesawat terbang. Beliau memotivasi saya karena orang Indonesia bisa, tunjukan dan lakukan.

9. Andaikan Anda seorang manajer personalia, orang seperti apa yang akan Anda rekrut ke dalam perusahaan?
Jawab:
Yang dipertimbangkan dalam rekruitmen adalah:
1) Kapabilitas (Capability), yaitu kemampuan nalar, cara berpikir sistemasi dan kecerdasan seseorang. Hal ini dapat dilihat dari tes kemampuan dan ijazahnya.
2) Kapasitas (Capacity), yaitu kemampuan mengatasi masalah, menghadapi beban kerja tinggi (stress), menyelesaikan konflik dan membuat prioritas kerja. Dapat diketahui saat sedang wawancara tentang pengalaman di tempat kerja sebelumnya di sekolah atau di rumah.
3) Karakter (character), yaitu watak, sikap, sopan santun atau cara mengendalikan emosi. Dipengaruhi oleh nilai-nilai lingkungan keluarga dan pergaulan.
4) Kredibilitas (Credibility), yaitu sikap dapat dipercaya, kokoh menjaga rahasia perusahaan, dapat mengemban tugas berat sekalipun dengan baik.
5) Kreatif (Creativity), yaitu kreatif dalam menyelesaikan tugas, memiliki inisiatif dalam pengembangan ide dan penyelesaian masalah/tugas.
6) Kompatibel (Compatibility), yaitu kemampuan bekerja sama dengan orang lain.
7) Komitmen (Commitment), yaitu kesungguhan dalam menyelesaikan tugas dan keinginan untuk memajukan perusahaan.

10. Karena tidak ada orang yang sempurna, kekurangan seperti apa yang bisa ditoleransi dari sifat seseorang sehingga perusahaan masih bisa berkembang?
Jawab:
Kekurangan yang dapat ditoleransi:
1) Hasil tidak sesuai dengan harapan.
2) Biaya lebih besar dibandingkan dengan rekrutmen secara internal.
3) Tabiat jelek dari luar perusahaan dapat terbawa ke dalam perusahaan.
4) Waktu orientasinya agak panjang.

11. Baimanakah cara mempertahankan orang-orang yang berkinerja unggul di dalam perusahaan?
Jawab:
Dengan evaluasi kerja adalah evaluasi atas prestasi kerja karyawan dengan membandingkan antara hasil nyata dan keluaran (output) yang diharapkan. Sehingga dengan adanya evaluasi kita dapat mengetatahui kekurangan dan kelebihan dari haryawan kita, jika yang mempunyai kekurangan maka kita berikan pelatihan kembalui atau berikan evalulasi agar keninerjanya kembali baik.

12. Apa yang digunakan untuk mengukur kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan? Metode apa yang Anda gunakan seandainya Anda seorang pemimpin perusahaan?
Jawab:
Dengan evaluasi kerja adalah evaluasi atas prestasi kerja karyawan dengan membandingkan antara hasil nyata dan keluaran (output) yang diharapkan. Sehingga dengan adanya evaluasi kita dapat mengetatahui kekurangan dan kelebihan dari haryawan kita, jika yang mempunyai kekurangan maka kita berikan pelatihan kembalui atau berikan evalulasi agar keninerjanya kembali baik.
Jika saya menjdai seorang pemimpin saya akan menalankan metode evalusi kerja tersebut karena berguna untuk memaksimalkan kinerja para karyawan agar pelayanan terhadap konsumen terus meningkat, sehingga konsumen akan merasa puas dan akan menjadi pelanggan.

13. Apa perbedaan career planning dan career management? Jelaskan!
Jawab:
Carrer Planning merupakan pengarahan perjalan karier seorang karyawan oleh individu. Sedangkan Carrer Managemen adalah upaya yang dilakukan oleh seorang HRD untuk memberikan proses pelatihan , evaluasi kerja, dipromosikan, menempati posisi-posisi tertentu di perusahaan sesuai dengan kompetensi, kapabilitas dan prestasi yang telah ditunjukkan karyawan tersebut.

14. Jika Anda menemukan sekumpulan orang-orang bertalenta, kebijakan seperti apa yang akan Anda terapkan untuk merekrut orang-orang bertalenta tersebut?
Jawab:
Untuk mempekerjakan orang-orang bertalentan tentunya itu harus. Karena talenta adalah kemampuan seseorang untuk menghasilkan kinerja yang baik, yang muncul terus menerus dan dibawa sejak lahir. Oleh sebab itu talenta harus dikembangkan atau diasah demi mempertajam kemampuannya.

15. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang dimensi kualitas pelayanan dan Total Quality Service!
Jawab:
TQS dapat di definisikan: Total, (keseluruhan), Quality (kualitas, derajat atau tingkat keunggulan abran atau jasa dan Service (pelayanan). Jadi Total Qualitas adalah hasis dari Kualitas manajemen (TQM). Dimana konsep dari TQM tercapai dan konsumen tersa puas denga pelayan yang diberikan. TQS adalah upaya untuk memberikan pelayanan yang baik.


0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 11 Lengkap"