Tugas Entrepreneur Bab 12 Lengkap


1. Mengapa kepemimpinan (Leadership) penting bagi sebuah bisnis?
Jawab:
Kepemimpininan diperlukan untuk memberikan pengarahan, instruksi serta mempengaruhi orang lain atau organisasi untuk malaksanakan suatu tugas atau tujuan organisasi.

2. Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh sifat-sifat, perangai atau ciri-ciri yang dimiliki pemimpin itu. Hal ini turut menentukan keberhasilan bisnis. Mengapa?
Jawab:
Untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil, sangat ditentukan oleh kemampuan pribadi pemimpin yakni kualitas seseorang dengan berbagao sifat, perangai atau cirri-ciri didalamnya. Seperti pengetahuan umum yang luas, daya ingat yang kuat dan sebagainya.

3. Apakah pemimpin yang Visioner memiliki jiwa kreatif? Apa manfaat bagi perusahaan bila memiliki pemimpin yang Visioner?
Jawab:
Pemimpin Visioning adalah pemimpin yang melakukan kegiatan reflektif untuk merumuskan masa depan perusahaan. Tentunya pemimpin visioning harus kreatif dalam merumuskan masa depan perusahaan. Keuntungan mempimpin visioning adalah tergambarkan dan terjanjikan masa depan perusahaan itu jelas, tidak bias.

4. Motivasi karyawan dikatakan berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan. Mengapa demikian? Hal-hal apakah yang dapat dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk meningkatkan motivasi karyawan di saat menghadapi krisis ekonomi?
Jawab:
Tentu saja, karena jika motivasi karyawan kurang, pekerjaan tidak akan mereka kerjakan dengan sungguh-sungguh. Untuk meningkatkan motivasi karyawan. Semangat kerja itu diperngaruhi beberapa factor seperti upah, tunjangan, lingkungan kerja, rekan kerja dan kesempatan promosi. Jika masanya kritis kita terlebih dahulu utamakan lingkungan kerja serta rekan kerja..

5. Diantara sekian banyak figure pemimpin di negeri ini, kepemimpininan siapa yang paling Anda kagumi? Mengapa?
Jawab:
Pemimpin yang saya kagumi Bob Sadino, karena beliau selalu berusaha tampil santai. Beliau juga terlihat ramah dan baik terhadap karyawan, sehingga para karyawan terlihat senang bekerja sebagai karyawan maupun staff di tempat atau kantor beliau.

6. Bagaimana gaya kepemimpinan figure tersebut menurut Anda?
Jawab:
Beliau memiliki gaya kepemimpinan yang santai. Karena beliau selalu berusaha tampil untuk santai, seperti tidak mengenakan celana panjang saat mengunjungi karyawan di kantor.

7. Tipe kepemimpinan apa yang dimiliki figure tersebut?
Bob Sadino tergolong Laissez Faire:
a. Member kebebasan kepada para karyawan
b. Pemimpin tidak terlihat dalam kegiatan
c. Semua pekerjaan dan tanggung jawab dilimpahkan kepada bawahan
d. Tidak mempunyai wibawa
e. Tidak ada koordinasi dan pengawasan yang baik.

8. Seandainya Anda menjadi seorang pemimpin coba analisis kekurangan dan kelebihan diri Anda!
Jawab:
Kelebihan saya terampipl dalam manajerial waktu, wanajerial keuangan, terampil berkomunikasi. Kekurangan saya jika menjadi peimpin yaitu otoriter atau keras kepala, tidak senang mendengarkan orang lain dan selalu ingin didengarkan.

9. Apakah Anda termasuk pemimpin yang mempunyai visi? Bagaimana Anda menjaga agar visi itu tetap hidup dan tersampaikan dengan baik kepada semua orang dalam organisasi Anda?
Jawab:
Visi saya adalah selalu memprioritaskan pekerjaan. Untuk menjaga visi tersebut tetap hidup dan tersampaikan dengan baik adalah dengan selalu menyampaikan visi tersebut di hadapan karyawan saat ada momen-momen tertentu.

10. Seandainya Anda memiliki restoran yang hampir bangkrut, upaya penyelamatan apa saja yang akan Anda lakukan?
Jawab:
Jika saya mempunyai restoran dan hampir bangkrut, hal yang pertama saya lakkukan adalah “Open House” dengan mendatangkan band-band local dengan aliran yang pop, karena hampir semua orang suka. Sehingga hal itu akan menarik orang-orang karena terlihat sedikit ada keramaian.

11. Bagaimana Anda membuat karyawan Anda tetap termotivasi ditengah situasi ekonomi yang sulit dalam posisi Anda sebagai pemimpin?
Jawab:
Jika ekonomi sedang memburuk, saya akan memotivasi karyawan dengan cara memberikan pidato. Dengan inti “kita harus bangkit dan terus berusahaa demi ekonomi yang harus membaik”.

12. Jika Anda seorang pemimpin perusahaan, apa yang Anda gunakan sebagai ukuran dari kinerja karyawan Anda?
Jawaban:
Tentunya yang dapat saya lihat adalah hasil pekerjaan para karyawan memuaskan atau tidak, kemudian dilihat dari kuantitas pekerjaan yang terselesaikan serta kepuasan dari konsumen tentunya.

13. Carilah cara yang unik untuk menyebarkan harapan dan optimism pada seluruh bagian organisasi Anda? Jelaskan!
Jawab:
Untuk menyebarkan harapan dan optimism terhadap seluruh karyawan tentunya dengan membahas kesejahteraan keluarga mereka. Sehingga mereka akan merasa tersentuh dan akan bersedia untuk bekerja lebih keras lagi demi orang-orang yang mereka cintai.

14. Apabila Anda seorang karyawan, apresiasi seperti apa yang Anda harapkan dari pimpinan Anda?
Jawab:
Tentunya saya mengharapkan promosi kenaikan jabatan jika pekerjaan saya lebih baik, fasilitas transportasi, tempat tinggal, tunjangan, gaji naik serta diberikan reward seperti liburan ke luar negeri sebagai penghargaan atas pengabdian saya.


15. Pemimpin sejati harus dapat melahirkan bintang-bintang bari dengan mengontribusikan nilai (value) kepada karyawan dan organisasinya. Jelaskan mengapa demikian?!
Jawab:
Pemimpin harus menghasilkan bintang-bintang karena bintang tersebut akan membantu seorang pemimpin dalam memimpin, karena bintang tersebut dapat memberikan bintang-bintang kepada para karyawan lainnya, sehingga karyawan lain pun akan ikut termotivasi.

0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 12 Lengkap"