Tugas Entrepreneur Bab 13 Lengkap



1. Organisasi dibentuk karena ada kesamaan kepentingan dan mempermudah mencapai tujuan. Apa maksud pernyataan tersebut?
Jawab:
Pernyataan tersebut bermaksud jika organisasi memiliki struktur organisasi yang ideal dan memiliki tujuan yang sama, maka pertumbuhan perusahaan dapat tumbuh dan berkembang pesat dan dinamis, guna mendukung tercapainya Visi, misi, strategi dan tujuan organisasi.

2. Struktur organisasi terutama ditentukan oleh: Tujuan, Misi dan Strategi Organisasi. Mengapa demikian? Jelaskan!
Jawab:
Struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antara setiap bagian pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional tujuan yang diharapkan. Pernyataan di atas berarti suatu perusahaan pertama-tama harus memiliki tujuan yang jelas, visi usaha dan strategi organisasi demi menjalankan organisasi atau perusahaan akar bergerak secara dinamis dan berkembang pesat.

3. Mengapa tim-tim kerja di perusahaan perlu dibentuk? Bagaimana cara mengembangkan tim-tim yang telah dibentuk agar menjadi efektif?
Jawab:
Tim di bentuk dalam sebuah perusahaan untuk mengemban misi dan tanggung jawab kolektif ketika mereka bekerja sama atau untuk mencapai suatu tujuan.
Agar berhasil, kebutuhan tim harus dirancang dengan sangat hati-hati seperti semua bagian lain dari struktur organisasi. Menetapkan ukuran dari tim adalah satu keputusan yang paling penting. Untuk ukuran dari tiap tim, empat sampai enam orang biasanya merupakan ukuran yang efektif.

4. Mengapa perusahaan perlu melakukan Merger? Mengapa Merger perusahaan dapat bersifat defensive atau ofensif?
Jawab:
Suatu perusahaan perlu melakukan merger demi memperkuat usaha dan cara cepat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Marger perusahaan dapat bersifat defensive dan ofensif karena itu tergantung kembali kepada tujuan organisasi.

5. Organisasi apa yang Anda ikuti saat ini? Apa alasan Anda bergabung dengan organisasi tersebut?
Jawab:
Organisasi yang saya ikuti adalah manajemen sebuah band Indie, saya bergabung dengan organisasi tersebut karena saya mendapatkan keuntungan finansial juga mendapatkan banyak pengalaman baru.

6. Coba gambarkan struktur organisasi Anda.
Jawab:
Organisasi belum terbentuk jelas, karena disana saya dijadikan sebagai asisten manager. Anggota terdiri dari anggota band yang berjumlah 4 orang, official berjumlah 2 orang, manajer 1 orang dan asisten manager 1 orang.

7. Berikan contoh kegiatan yang biasa dilakukan organisasi Anda. Bagaimana kerjasama tim didalamnya? Jelaskan pembagian kerjanya.
Jawab:
Manajer atau manajemen akan melakukah pencarian informasi mengenai acara-acara atau event-event yang akan berlangsung dalam jangka dekat. Jika acara sudah jelas, maka kami akan menghubungi panitia untuk mengajukan jasa pengisi acara, pengajuan dilakukan dengan memberikan video company profile band. Saat semua telah disetujui maka anggota band bertugas untuk dapat memberikan penampilan yang bagus, tentunya official bertanggung jawab atas teknis atau peralatan yang diguanakan band saat tampil harus berfungsi dengan baik.

8. Di dalam melaksanakan suatu kegiatan, tentu Anda melakukan beberapa pertemuan dengan tim Anda. Coba jelaskan langkah-langkah pengambilan suatu keputusan di dalam tim Anda!
Jawab:
Pengambilan suatu keputusan tentunya dilakukan dengan teknik voting namun sedikit agak memaksa. Sehingga anggota tim akan mengusahakan dan berusaha untuk memenuhi tuntutan atau kesepakatan yang disapakati bersama.

9. Seandainya Anda menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, jelaskan wewenang apa saja yang akan Anda delegasikan dan mengapa?
Jawab:
Jika saya menjadi ketua organisasi kemahasiswaan, tentunya saya tidak menjadi seorang provokator, karena bukan seperti fungsi ketua yang sebenarnya, mahasiswa jaman sekarang kebanyakan salah mempresepsikan hal tersebut. Saya melakukan hal tersebut karena ketua bukan provokator, jika ada mahasiswa tidak dengan sebuah keputusan atau kebijakan dari kampus, tentunya kita harus memposisikan diri sebagai seorang bagian dari universitas tersebut. Jadi kita harus memandang secara objektif suatu masalah. Jika kita tidak setuju terhadap suatu hal, maka kita harus terjadi kenapa hal tersebut terjadi, apa penyebabnya dan ciptakan solusinya.

10. Jelaskan manfaat kerja sama tim yang Anda lakukan bagi organisasi Anda dan bagi Anda pribadi!
Jawab:
Manfaat kerja sama tim adalah untuk melancarkan rencana kita agar dapat mencapai tujuan dengan baik. Manfaat bagi saya sendiri adalah, kita dituntut agar selalu sabar dan tidak bersifat temperamental saat menghadapi keadaan terdesak, karena hal tersebut akan terlatih secara alami jika kita bekerja sama dalam sebuah tim.

11. Apa kelemahan tim Anda tersebut? Coba Analisis!
Jawab:
Kelemahan dari tim yang saya kelola adalah kedisiplinan waktu. Karena hal tersebut dibilang lumrah di Indonesia.

12. Jelaskan contoh kasus merger perusahaan yang saudara ketahui!
Jawab:
Contohnya adalah jenis marger vertical, yaitu marger yang dijalin antara perusahaan yang berhubungan. Yaitu prabikan motor Honda dengan ban Federal. Mereka bekerja sama, pengemasan ban Federal dibungkus dengan plastic yang bermerek Honda Genuine Part.

13. Analisis keuntungan dan kerugian merger tersebut!
Jawab:
Kentungan merger tersebut tentunya pihak dari Federal penjualannya akan meningkat karena prabikan motor Honda dari dealer semuanya memakai ban Federal, kemudian konsumen Federal juga akan bertambah dari konsumen yang menggunakan motor Honda tersebut yang menggunakan Honda Genuine Parts.
Kerugiannya adalah harga yang ditawarkan terhadap peruahaan merger tentunya akan lebih murah dari harga pasar.

14. Apabila Anda seorang dierktur, bagaimana langkah Anda agar suksesi di perusahaan Anda berjalan dengan baik?
Jawab:
Langkah untuk mencapai suksesi tersebut adalah sebagai berikut:
a) Sediakan waktu yang cukup untuk proses tersebut dengan memulai dengan lebih awal.
b) Perkirakan nilai perusahaan atau pekerjaan seorang konsultan untuk melakukannya bagi anda.
c) Evaluasi penerimaan suksesi yang potensial menurut kelayakan mereka, bukan atas apakah mereka anda akan diri anda sendiri.
d) Jika para anggota dipertimbangkan, pastikan memiliki keahlian dan motivasi yang dibutuhkan untuk meneruskan bisnis tersebut.
e) Sediakan suatu periode transisi agar penerima suksesi dapat mempelajari bisnis tersebut.
f) Perimbangkan pilihan-pilihan seperti employes stock option plans (ESOP) untuk suksesi manajemen.
g) Tetapkan tanggal untuk penyelesaian transisi dan tepati tanggal tersebut.

15. Jelaskan karakteristik tim yang efektif dan beri contoh aplikasinya.
Jawab:
Karakteristik tim yang efektif adalah:
a) Dirasa jelas tujuannya (clear sense of purpose)
Anggota tim memahami dengan jelas tugas yang ada, apa yang diharapkan dari mereka dan peran mereka masing-masing di tim. Contohnya seorang PR atau humas harus memahami apa yang ia lakukan dalam sebuah tim.
b) Komunikasi terbuka dan jujur (open and honest communication).
Kultur tim mendorong diskusi dan debat. Anggota tim berbicara secara terbuka dan jujur tanpa ancaman, kemarahan atau ganti rugi/balas jasa. Mereka mendengarkan dan menghargai umpan balik dari anggota tim lainnya. Sebagai hasilnya, semua anggota tim berperan serta dalam kerja sama tim tersebut. Contohnya: disaat seorangg PR atau humas memberikan pengertian kepada publik internal maupun eksternal, sebaiknya seluruh staff ikut bekerja sama dalam menyampaikan pengertian tersebut, baik kepada publik internal atau pun eksternal.
c) Pemikiran kreatif (creative thingking)
Kerja sama tim efektif mendorong pemikiran asli, mempertimbangkan opsi di luar yang umum. Contohnya: Seorang PR atau Humas harus kreatif dalam melakukan hal-hal inisiatif perusahaan.
d) Fokus (focus)
e) Anggota tim dapat langsung ke inti masalah dan tetap focus pada hal-hal penting. Contohnya: seorang PR harus fokus terhadap masalah yang sedang diahadapi namun tidak boleh melupakan hal-hal penting seperti selalu memberikan pelayanan yang baik terhadap publik internal maupun eksternal.
f) Keputusan oleh Konsesnsus (decision by consensus)
Semua keputusan yang dihasilkan berdasarkan konsesus. Contohnya: perusahaan sebaiknya berkonsultasi terhadap PR apa sebaiknya keputusan itu layak atau tidak untuk diterapkan. Jika tidak ciptakanlah solusi atau kepusan secara bersama.

0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 13 Lengkap"