Tugas Entrepreneur Bab 2 Lengkap


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Entrepreneur?
Jawab:
Arti kata Entrepreneur adalah pengusaha. Jadi Entrepreneur adalah seseorang yang berhasil menciptakan suatu peluang bisnis atau usaha dengan konsep yang berbeda dari usaha-usaha yang telah ada sebelumnya (inovatif & kreatif). Dengan kemampuan yang jeli untuk melihat peluang bisnis serta berani mewujudkan ide atau gagasan-gagasan tersebut. Kemudian usaha itu dikembangkan sehingga usahanya lebih maju dan lebih unggul dari produk-produk atau perusahaan-perusahaan yang telah ada.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Wiraswasta?
Jawab:
Wiraswasta adalah orang yang berhasil menciptakan suatu usaha atau bisnis. Namum bisnis tersebut tidak dikembangkan. Karena mereka sudah merasa puas dengan penghasilannya dan tidak ingin menambah atau memperkarjakan karyawan.

3. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Wirausaha dan Wiraswasta?
Jawab:
Persamaan orang yang berwirausaha dan berwiraswasta sama-sama meiliki usaha, bisnis atau perusahaan. Dan mereka sama-sama tidak tergantung terhadap orang lain atau berdiri sendiri.
Perbedaannya, jika orang yang berwirausaha, ia tidak memiliki target untuk mengunggulkan atau mengembangkan serta memajukan usahanya, ia puas dengan hasil seperti itu saja. Sedangkan seorang Entrepreneur ia berambisi atau memiliki tujuan untuk mengembangkan, mengunggulkan serta membesarkan perusahaan, bisnis atau usaha yang dimiliknya.

4. Untuk menjadi seorang Entrepreneur, sifat apa yang harus Saudara miliki?
Jawab:
Tentunya menjadi seorang Entrepreneur harus mempunyai sifat percaya diri (yakin atas apa yang dilakukannya, mandiri, individualitas dan optimis), berorientasi pada tugas dan hasil (memiliki kebutuhan akan prestasi, laba, tekun, tabah, bertekad kuat, bekerjakeras, energik dan selalu berinisiatif), berani mengambil resiko (suka pada tantangan), memiliki jiwa kepemimpinan (dapat bergaul dengan orang lain serta suka menerima kritik dan saran dari orang lain), mempunyai keorisinilan (berinovasi, kreatif, fleksibel, serba bisa serta memiliki jaringan bisnis yang luas), berorientasi pada masa depan, jujur dan tekun (mengutamakan kejujuran serta tekun dalam bekerja).

5. Bagaimana sikap seorang Entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya?
Jawab:
Tentunya untuk menjadi seorang Entrepreneur harus mempunya sikap disiplin (tepat waktu, berkualitas, selalu menepati ketepatan atau janji-janjinya), berkomitmen tinggi (berfikiran maju, jelas, terarah, progesif, baik terhadap dirinya sendiri dan orang lain), jujur, kreatif dan inovatif (gagasannya dapat diimplementasikan, menambahkan nilai guna), mandiri (berdiri sendiri) dan realistis (bertindak berdasarkan fakta).

6. Dalam membangun usaha, kompetensi apa yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur?
Jawab:
Tentunya seorang Entrepreneur  harus memiliki kompetensi seperti Knowing Your Business Knowing (mengetahui semua yang terkait dengan bisnis), The Basic Business management (mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis), Having The Proper Attitude (memelihara sikap dan tingkah laku sebagai seorang eksekutif), Having Adequate capital (memiliki modal baik dalam bentuk materi maupun rohani) Financial Competence (memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan), Managing Time Efficienty (kemampuan untuk memaksimalkan waktu), Managing People (kemampuan mengelola tenaga kerja dalam perusahaan), Satisfying Costumer by Providing High Quality Product (memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan), Knowing How to Compete (mampu bersaing), Copyng with Regulations and Paperwork (membuat aturan tertulis untuk perusahaan), Technical competence (mempunyai skil atau kemampuan yang sesuai dengan usaha yang dijalankan) Marketing competence (mempunyai segmentasi atau target pasar yang jelas), Human relations competence (mampu menjalin hubungan baik).

7. Dalam menggerakan usaha, keterampilan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur?
Jawab:
Tentunya seorang Entrepreneur  harus memiliki keterampilan atau skill seperti Technical Skill (keterampilan untuk melakukan tugas khusus seperti sktrtaris, akuntan & ahli gambar), Human Relations Skill (kemampuan untuk berkomunikasi & menjalin relasi), Decising Making Skill (keterampilan untuk mencari solusi), Time Management Skill (keterampilan mengoptimalkan waktu), Individual skill and attitudes (keterampilan &sikap individu), Knowledge of busuness (pengetahuan tentang dunia bisnis yang akan dimasuki), Estabilishment of goal (kemantapan menentukan tujuan perusahaan), Take advantage of the apportunities (keunggulan dalam menemukan peluang bisnis), Adapt to the change (kemampuan beradaptasi atas perubahan), Minimaze the threats to business (kemampuan meminimalkan ancaman terhadap perusahaan).

8. Kunci sukses dalam menjalankan usaha antara lain ditentukan oleh bagaimana kemampuan kita memanage waktu. Jelaskan strategi Saudara dalam memanfaatkan waktu tersebut agar setiap hari Saudara bisa Produktif!
Jawab:
Tentunya hal yang harus pertama dilakukan adalah mengatur jadwa tidur atau istirahat. Kita harus istirahat lebih awal, misalnya jam 9 malam malam serta bangun lebih awal, misalnya jam 4 subuh. Jika pola istirahat cukup konsentrasi akan siap untuk menghadapi waktu 17 jam berikutnya. Karena saya mendapat jadwal pukul 7 pagi senin sampai hari kamis. Jam 4 saya belajar, jam setengah 6 saya bersiap ke kampus, jam 9 setelah selesai saya mengerjakan tugas jika ada yang harus dikerjakan, kemudian jam 12 siang saya bekerja paruh waktu sebagai pelayan di salah satu rumah makan dibandung. Jam 8 saya pulang kerumah kemudian istirahat. Hari jum’at saya kuliah full, jadi tidak bekerja. Hari minggu saya mengambil kerja pagi, untuk mengganti hari libur saya kerja di hari Jum’at. Sorenya kembali mengerjakan tugas kuliah yang harus dikerjakan.

9. Suatu organisasi akan Survive apabila mampu beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan yang terjadi. Jelaskan strategi yang Saudara terapkan terkait hal ini agar Perusahaan Saudara tetap Survive!
Jawab:
Di jaman sekarang yang serba maju. Tentunya teknologi yang digunakan serta system Online yang sekarang lebih mudah untuk digunakan, itu akan menjadi prioritas utama, agar para pelanggan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kita. Sehingga mereka dapat memberikan masukan dengan mudah atau pun jika mereka akan mencari referensi harga serta jasa apa saja yang dapat kita sediakan, mereka dapat dengan mudah untuk mencari tahu dengan cara mengaksesnya di situs online tersebut.

10. Dalam menjalankan organisasi perusahaan, faktor sumber daya manusia sangat penting menentukan keberhasilan usaha kita. Apa kiat Saudara untuk memacu agar karyawan berprestasi? Strategi apa yang akan dilakukan untuk meminimalkan pelanggaran di perusahaan Saudara?
Jawab:
Hal yang pertama akan saya lakukan adalah, selalu ada akademik atau pelatihan sebelum mereka ditempatkan di perusahaan kita. Kemudian selalu ada rapat evaluasi untuk menghindari dan meminimalkan resiko untuk adanya terjadi pelanggaran di perusahaan. Kemudian kita akan memberikan reward kepada karyawan-karyawan yang berprestrasi. Juga mengadakan cuti bersama, dimana seluruh karyawan bersama-sama liburan ke tempat yang sama dengan biaya ditanggung oleh perusahaan.


0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 2 Lengkap"