Tugas Entrepreneur Bab 6 Lengkap


1. Kegiatan pemasaran harus menghasilkan Kegiatan pemasaran harus menghasilkan win-win solution. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini. Bericontoh pada bisnis yang riil!
Jawab:
Win-win solution adalah pelanggan atau konsumen ingin membeli produk apabila produk tersebut sesuai dengan keinginan, permintaan dan kebutuhannya serta member kepuasan karena kualitas dan nilai produk sesuai yang diharapkan. Sebaliknya perusahaan dapat memperoleh profit dari produk, transaksi, hubungan dan pasar karena produk tersebut dibeli dan disukai oleh pelanggan.
Misalkan Aqua merupakan produk air mineral. Konsumen selalu membutuhkan minum setiap hari, sehingga mereka membeli dan merasa puas, sebaliknya Aqua mendapatkan keuntungan dari para konsumen.

2. Jika Anda produsen suatu produk, strategi pemasaran apa yang akan Anda lakukan untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat? Beri contoh produk dan strategi yang riil!
Jawab:
Misalkan jika kita berbisnis di bidang foto studio, tentunya untuk memenangkan persaingan yang ketat, kita harus lebih unggungul di bagian editing serta tehnik dalam memotret, selain itu alat-alat yang digunakan harus berkualitas sehingga dapat mengghasilkan gambar yang berkualitas pula. Karena Costumer Stratification (kepuasan pelanggan), itu harus diutamakan agar mereka akan dating kembali jika ingin di foto. Dreaming marketing (memberikan iming-iming impian terhadap pemakaian produk tertentu kepada konsumen). New generation marketing atau cohort marketing (pemasaran yang ditunjukan kepada suatu kelompok atau segmen tertentu dipuaskan seleranya). Intelegent marketing (pencarian informasi mengenai pemasaran untuk mengetahui selera konsumen), enaknya jika kita berbisnis dibagian fotography, kita dapat bertanya foto seperti apa yang konsumen inginkan.
.
3. Pemasaran berorientasi pada kepuasan pelanggan. Menurut Anda apakah semua pelanggan perlu dipertahankan? Jika ya, mengapa? Jika tidak, pelanggan seperti apa yang tidak perlu dipertahankan?
Jawab:
Menurut saya keberhasilan itu semakin banyak pelanggan maka semakin sukses bisnis yang kita jalankan. Karena pelanggan merupakan asset jangka panjang. Sehingga tidak ada salahnya untuk mempertahankan semua pelanggan.

4. Buatlah contoh kalimat iklan yang menarik atau jargon yang ear catching bagi bisnis sebuah restoran!
Jawab:
“Perut kenyang  Hati pun senang”. Itu akan menarik karena menggambarkan bahwa porsi makanan direstoran itu cukup banyak dan mengenyangkan,

5. Jika anda memiliki bisnis pakaian, coba Jelaskan segmentasi pasar yang mana yang akan Anda pilih dan mengapa?
Jawab:
Jika saya membuka bisnis pakaian, segmentasi pasar yang saya pertimbangkangkan sebagai berikut:
Geografi: Saya akan memilih kota Bandung, karena merupakan salah satu kota fashion.
Demografis: Target saya adalah pakaian bayi dari umur 0 bulan-5 tahun, serta menyediakan pakaian-pakaian ibu hamil dan keperluan pakaian ibu sebelum atau sesudah melahirkan.
Psikografis:  Target dalah konsumen yang mempunyai bayi atau ibu hamil.
Perilaku: Orang tua yang ingin memanjakan anaknya atau istrinya.

6. Seandainya Anda produsen sebuah merek minuman, coba berikan contoh bagaimana Anda memodifikasi produk Anda agar tetap menjadi produk terdepan!
Jawab:
Tentunya kita akan menciptakan inovasi seperti varian rasa. Serta kita akan survey atau mencari tahu dilapangan saingan minuman produk apa yang sekarang bersaing dengan kita, dan mengapa mereka unggul, begitu.

7. Buatlah analisis SWOT dari usaha impian Anda di masa depan!
Jawab:
Strategi SO: Tentunya kita menggunakan kekuatan kita, karena kita akan membuka usaha video dan foto, yang harus diunggulkan adalah tenaga ahli kita, seperti keterampilan dalam menggunakan kamera atau mengedit hasil jepretan maupun video.
Strategi WO: Kita mengambil keuntungan dari kesempatan, karena kita telah membuka jasa foto, kita pun menawarkan produk kamera, sewa kamera dan service kamera.
Strategi ST: Menghasilkan strategi menggunakan kekuatan untuk menghindari ancaman, untukd dapat bersaing dengan competitor lain, maka keahlian dan keterampilan tenaga kerja sangat dibutuhkan.
Strategi WT: Menghasilkan strategi yang meminimalkan kelemahan, sepert mempekerjakan karyawan yang berpengalaman untuk menghindari kekecewaan konsumen.

8. Siapa pesaing terbesar dari usaha impian Anda di masa depan!
Jawab:
Bisnis yang saya impikan adalah VIPHO yang bergerak dibidang Video project dan Photo Project. Keunggulan dan kelebihannya kami menjual, service dan sewa perlatan kamera. Sehingga kami akan mampu bersaing dengan Photo Studio seperti Jonas, Bandung Photo dan Papylus.

9. Bagaimana strategi mendapatkan pelanggan bagi bisnis Anda tersebut?
Jawab:
Langkah awal untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen adalah menemukan apa yang diingankan oleh konsumen yang berkenaan dengan produk, kinerja serta kualitas. Berikutnya adalah kepuasan pelanggan. Kemudian memberikan tambahan pengalaman baru pada waktu konsumen meniimati produk kita. Kemudian memberikan iming-iming impian terhadap pemakaian produk tertentu kepada konsumen. Kemudian mencari informasi mengenai pemasaran untu mengetahui selera konsumen. Kemudian menggunakan cara untuk membangkitkan emosi dan gengsi konsumen sebagai alat pemasaran.

10. Sebutkan contoh produk yang booming saat ini menurut Anda apa yang menyebabkan produk tersebut berhasil merebut perhatian konsumen?
Jawab:
Perusahaan yang booming sekarang ini adalah Samsung, mereka mengeluarkan produk Smartphone dengan menggunakan teknologi Android yang berhasil menyingkirkan produk terlaku Blackberry. Karena keunggulan Blacberry adalah BBM (Balckberry Messanger) yang kini aplikasi itu tersedia di ponsel Android sehingga Samsung yang merupakan salah satu produsen ponsel Android yang selalu menciptakan teknologi terbaru dengan harga terjangkau menjadi pilihan dibandingkan produsen ponsel lainnya.

0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 6 Lengkap"