Tugas Entrepreneur Bab 7 Lengkap



1. Jelaskan apa yang Saudara ketahui tentang lembaga keungan. Apa yang dimaksud dengan lembaga deposito dan non-deposito? Apa saja bagian-bagian dari kedua lembaga tersebut?
Jawab:
Lembaga keuangan adalah tempat terjadinya transaksi keungan dari sektor yang mengalami surplus ke sektor deficit.
Lembaga deposito yaitu lembaga yang menerima simpanan dari nasabah, memeriksa dan membukukan rekening tabungan di bank, pinjaman-pinjaman dan jasa perbankan lain. Seperti:
Bank Umum, merupakan lembaga financial yang diizinkan secara resmi oleh pemerintah untuk menerima deposito yang akan digunakan untuk memberikan pinjaman dan memperoleh laba.
Savings and Loan Associations, merupakan lembaga keuangan seperti bank umum yang menerima deposito dan memberikan pinjaman terutama untuk kredit rumah.
Mutual Savings Bank, merupakan lembaga keuangan yang para depositornya adalah pemilik yang membagi laba yang dihasilkan.
Credit Union, adalah lembaga keuangan yang menerima bentuk deposito dan memberikan pinjaman kepada para anggotanya (karyawan organisasi tertentu).
Lembaga Nondeposito merupakan berbagai organisasi lain yang mengambul uang, menyediakan bungan dan jasa lainnya dan memberikan pinjaman. Lembaga Nondeposito sebagai berikut:
Dana Pensiun (pension found) merupakan dana non deposito yang dikelola untuk memberikan pendapatan pension kepada anggota-anggotanya.
Perusahaan Asuransi (insurance companies) adalah lembaga non deposito yang menginvestasikan dana dari premi yang dibebankan untuk jaminan perlindungan asuransi.
Perusahaan Pembiayaan (finance companies) merupakan lembaga yang mengkhususkan memberikan pinjaman kepada pebisnis maupun perorangan.
Perantara Pedagang Efek (securities investement dealers/brokers), merupakan lembaga yang memperjual belikan saham serta obligasi kepada para investor dengan harapan dapat dijual kembali di kemudian hari dengan suatu keuntungan.
Keuntungan dari kedua jenis lembaga keuangan diatas adalah kita dapat dengan mudah meminjam dana, menabung asset, menjadi investor dan mengambil jasa keamanan atau asuransi untuk mengamankan asset kita.

2. Apa yang dimaksud dengan electronic bangking? Beri contoh kartu apa saja yang bisa digunakan pada media tersebut.
Jawab:
Electronik Banking, merupakan mesin yang digunakan dalam dunia perbankan untuk menunjang pelayanan kepada para nasabah. Contohnya:
Anjungan Tunai Mandiri (automated teller machine) merupakan mesin yang dapat membantu nasabah mengambil uang, mentransfer dan menginformasikan status rekening selama 24 jam sehari.
Tranfer dana elektronik ( electronic found transfer) merupakan system yang mengkomunikasikan transfer dana melalui gelombang elektrik melalui nirkabel atau microwave.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan modal tetap, modal kerja dan modal operasional? Beri contoh aplikasi dari modal tersebut!
Jawab:
Modal tetap adalah modal yang diperlukan untuk mengadakan asset tetap atau permanen saat memulai usaha. Contohnya seperti bangunan, tanah alat-alat. Jika membuka usaha jasa foto dan video maka memerlukan studio, ruang edit dan perlengakapan kamera.
Modal kerja biasanya digunakan untuk membeli bahan baku. Contohnya jika kita usaha di bidang seafood, maka kita akan membeli ikan-ikanan yang berasal dari laut.
Modal operasional adalah modal yang rutin dikeluarkan setiap bulan seperti pembayaran listrik, upah pegai, air dan banyak lainnya.

4. Untuk membangun suatu bisnis kita dapat memperoleh modal usaha dari mana saja? Jelaskan keuntungan dan kerugian bila menggunakan sumber perdanaan tersebut!
Jawab:
Tabungan pribadi, keuntungannya tidak memberikan beba atau tanggungan
Teman & anggota keluarga, karena kedekatan maka lebih memberikan peluang bagi pendanaan usaha dan tidak menyertakan persyaratan.
Penggadaian, keunggulannya nilai pinjaman bisa sampai 95% dari barang yang dijaminkan dengan suku bungan yang rendah.
Investor swasta, keuntungannya pinjaman ini tergantung kesepakatan awal.
Mitra,kita dapat memperolah dana usaha untuk mengembangkan bisnis, namun kerugiannya laba kita harus dibagi dengan mitra bisnis kita.
Pinjaman Bank, ini cukup membebankan dengan bunga yang cukup besar.
Perusahaan modal ventura, modal ini biasanya tidak memberikan modal kepada pengusaha kecil. Karena mencari keuntungan laba hingga 300% lebih.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan akutansi, system informasi akutansi, akutansi manajerial, sistem akutansi kerugian bila menggunakan sumber pendanaan tersebut!
Jawab:
Sistem informasi akuutansi, merupakan alat terorganisir untuk mengindentifikasi, mencatat, mengukur dan menyimpan informasi keuangan. Sehingga dapat digunakan dalam laporan akutansi manajemen.
Akutansi manajeria adalah para manajer diberbagai tingkatan yang memerlukan informasi untuk membuat keputusan untuk departemen mereka, memonitor proyek yang sedang berjalan serta merencanakan kegiatan yang akan dating.
System akutansi keuangan terkait dengan pengguna luar seperti konsumen, serikat pekerja, pemegang saham dan badan-badan pemerintah.
Audit (pemeriksaan akutansi) pada suatu perusahaan merupakan penelitian sistematis atas system akutansi di perusahaan tersebut untuk menetapkan apakah laporan keuangannya cukup mencerminkan operasinya.’

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan laporan keurangan, neraca, aktiva lancar, aktiva tetap, aktiva tak berwujud, pasiva dan modal sendiri? Beri contoh aplikasinya!
Jawab:
Neraca adalah laporan keuangan yang merinci aktivitas pasiva dan modal diri sendiri dari sebuah perusahaan. Seperti pemilik perusahaan mengecek asset, modal dan pendapatan perusahaannya.
Aktiva adalah setiap sumber daya ekonomis yang dimiliki oleh perusahaan untuk memperoleh keuntungan dikemudian hari.
Aktiva lancar adalah asset termasuk uang kas yang dapat menjdai uang dalam waktu beberapa tahun mendatang. Contohnya seperti mensisipkan sedikit uang dari laba perusahaan kita depositokan.
Aktiva tetap merupakan asset dengan penggunaan atu nilai jangka panjang seperti tanah, gedung dan peralatan. Namun aktiva ini nilainya dapat menyusut. Seperti gedung, kendaraan computer dll kecuali tanah.
Aktiva tak terwujud adalah asset nonfisik seperti hak paten atau merek dagang. Misalnya brand yang no satu atau terkenal seperti Aqua.
Pasiva adalah klaim kreditor terhadap asset perusahaan.


7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan profibilitas, likuiditas, aktivitas dan solvabilitas! Rasio apa saja yang terdapat pada tiap-tiap item tersebut? Bagaimana proses kalkulasi masing-masing?
Jawab:
Rasio probabilitas adalah rasio keuangan untuk mengukur pendapatan potensial perusahaan. Rasio ini menjelaskan seberapa berhasil perusahaan dalam menjalankan bisnisnya melalui informasi mengenai laba yang diperoleh.
Rasio Likuiditas menunjukan apakah perusahaan kecil mampu untuk menutup kewajiban jangka pendeknya atau tidak ketika jatuh tempo. Rasio ini dapat memberika peringatan kepada pemilik perusahaan tentang masalah arus kas yang muncul.
Rasio Aktivitas menunjukan efektivitas perusahaan dalam menggunakan sumber daya yang ada. Semakin sedikit modal perusahaan yang diperlukan. Melalui rasio aktivitas para wirausahawan dapat mengevaluasi konerja keseluruhan dari suatu perusahaan dan mengetahui area mana saja yang harus mereka tingkatkan.
Rasio Utang mengukur pendanaan yang diberikan pemilik perusahaan terhadap utang dari kreditor, rasio ini merupakan ukuran dari seberapa besar utang perushaan.

8. Seorang Entrepreneur akan selalu mendasarkan proses bisnisnya pada nilai titik impas yang minimal bisa dicapai. Mengapa? Beri contoh perhitungan titik impas pada suatu bisnis! Bagaimana agar diperoleh keuntungan pada bisnis tersebut?
Jawab:
Titik impas adalah dimana tidak terjadi keuntungan atau pun kerugian, ini disebut dengan baik moda. Misalnya jika kita membuka suatu restoran dengan modal 100 juta, kemudian restoran itu menghasilkan laba sebesar 100 juta pula. Maka itu disebut titik balik, laba mengembalikan modal kita. Cara memperoleh keuntungannya lanjutkan usaha tersebut.

9. Sebutkan dan jelaskan pula macam-macam laporan arus kas!
Jawab:
1) Tentukan Sirklus Konversi Kas, adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kas menjadi kas kembali. Siklus ini dimulai dai kas wal yang digunakan untuk membeli persediaan guna kegiatan produksi, kemudian diproses menjadi produk yang siap dijual, dilakukan penjualan dan berakhir di penagihan penjualan.
2) Optimalkan Kebijakan Cash Management, dengan menentukan jumlah kas optimal, misalnya menggunakan anggaran kas untuk menghindari cash shortage  dari investment opportunity loss.
3) Optimalkan kebijakan Invetory Management, semakin sedikit sediaan yang dimiliki tentu akan semakin sedikit pula modal kerja yang dibutuhkan.
4) Optimalkan Kebijakan Manajemen Piutang, sedapat mungkin kurangi besarnya piutang.
5) Optimalkan Kebijakan Manajemen Utang, perbaiki posisi tawar Anda dengan supplier sehingga Anda dapat flesibilitas dalam pembayaran serta tempo pembayaran yang lebih lama.

10. Sebutkan dan jelaskan apa saja yang menjadi tanggung jawab manajer keuangan?
Jawab:
Perencanaan keuangan. Manajer keuangan harus dapat memprediksi jumlah dana yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang segera, baik jangka pendek atau pun jangka panjang.
Memonitor Arus Kas. Manajer keuangan harus memastikan bahwa terdapat dana yang cukup untuk membiayai bahan-bahan produksi dan membayar gaji.
Kontrol Keuangan. Manajer harus membuat penyesuaian untuk perubahan keuangan actual yang terjadi setiap harinya.

11. Coba jelaskan rumus bagaimana cara memperoleh keuntungan?
Jawab:
Untuk memperoleh keuntungan, tentunya kita harus melewati titik impas. Titik impas dapat kita lakukan dengan rumus:
Penjuanalan`= Total biaya tetap + Laba bersih yang diharapkan
      Margin kontribusi dalam persentase penjualan
Jadi untuk memperoleh keuntungan bersih, suatu toko harus melewati total biaya tetap ditambah laba bersih dan dibagi margin kontribusi dalam persentase penjualan..

12. Jelaskan secara singkat bagaimana cara mengeloloa keuangan yang baik!
Jawab:
a. Tentukan siklus konversi kas (cash conversion cycle), adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kas (modal awal) menjadi kas kembali (pendapatan).
b. Optimalkan kebijakan Cash manajemen, untuk menghindari cash shortage dan investment opportunity loss.
c. Optimalkan kebijakan Invetory management, dimana semakin sedikit modal yang dimiliki maka semakin sedikit modal kerja yang dibutuhkan yang akibatnya terdapat resiko tidak terlayaninya permintaan konsumen.
d. Optimalkan kebijakan manajemen piutang, yaitu mengurangi resiko uang yang berada diluar atau dipinjamkan, misalkan dengan menggunakan tempo pembayaran.
e. Optimalkan kebijakan manajemen utang, berusaha untuk memperbaiki proses lobi atau tawar menawar dengan supplier dan berusaha fleksibel dalam proses pembayaran.


13. Mengapa Anda membutuhkan modal dalam menjalankan sebuah bisnis? Jelaskan kebutuhan modal usaha yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis mana yang telah direncanakan (tabulasikan). Bagaimana cara Anada memenuhi kebutuhan modal tersebut.
Jawab:
Modal digunakan untuk bahan baku, tempat, asset, peralatan dan lain-lain untuk persiapan membuka suatu usaha. Tentunya perencanaan sangat penting untuk mengelola modal, untuk menghindari resiko terjadinya gulung tikar atau bangkrut. Cara memenuhi modak dapat dilakukan misalnya menggunakan tabungan pribadi, pinjaman kepada relasi, pinjaman kepada bank atau pun kita dapat mencari mitra kerja dalam bisnis, kita bekerja sama untuk mendirikan bisnis atau usaha tersebut dengan cara modal dibagi antara mitra bisnis atau mitra kerja.

14. Buatlah perkiraan Neraca & Laba rugi simulasi untuk 1 (satu) tahun terhadap rencana bisnis yang akan Anda lakukan.
Jawab:
Jasa Viphogragy
Laporan laba-Rugi
1/1 – 2014 s/d 31/12 – 2014
Pendapatan
Penjualan Rp. 2.000.000
Dikurangi : Diskon Rp. - 120.000
Pengembalian Rp. - 150.000
Penjualan & Pembiayaan Rp. 1.730.000

Harga pokok Penjualan
Persediaan awal Rp.    60.000
Tambahan : pembelian komoditas Rp.1.520.000
Harga barang yang bisa dijual Rp.1.580.000
Dikurangi persediaan akhir Rp.  – 50.000
Harga Produk Penjualan Rp. – 1.530.000
Laba bruto Rp.       200.000
Biaya Operasional
Biaya penjualan Rp.     65.000
Biaya umum Rp.     40.000
Biaya operasional keseluruhan Rp.      105.000
Laba bersih
(laba kotor dikurangi biaya operasional) Rp.       95.000
Pendapatan lain-lain Rp.   5.000
Laba bersih sebelum pajak Rp 100.000
Dikurangi : pajak Rp. -40.000

Laba bersih setelah pajak Rp. 60.000
15. Buatlah contoh analisis rasio keuangan terhadap usaha tersebut, rasio keuangan yang manakah yang penting untuk diperhatikan agar usaha dapat berjalan dengan baik dan dapat bertahan terhadap persaingan?
Jawab:
Jasa Viphogragy
Laporan Aliran Kas
1/1 – 2014 s/d 31/12 – 2014
Aliran Kas dari Kegiatan Operasi
Pendapatan bersih Rp.    60.000
Penyesuaian terhadap rekonsiliasi
Pendapatan bersih untuk kas bersih
Yang disediakan untuk kegiatan operasional Rp. – 40.000
Pendapatan bersih untuk kas bersih Rp.    20.000
yang disediakan untuk kegiatan
operasi
Aliran Kas dari Kegiatan Investasi
Pembelian barang dan perlengkapan Rp. – 30.000
Pembelian obligasi Rp. –115.000
Penebusan obligasi Rp.   125.000
Pendapatan bersih untuk kas Rp. – 20.000
yang disediakan oleh atau
kegiatan operasional

Aliran Kas dari Kegiatan Pembiayaan
Pinjaman Rp.    15.000
Pembiayaan utang jangka panjang Rp. – 10.000
Pendapatan bersih untuk kas bersih Rp.    5.000
yang disediakan oleh atau kegiatan
operasi
Hasil bersih (berkurang) bertambah dalam tunai Rp.     5.000
Dana Kas dan Padanan Kas permulaan tahun Rp.    18.000
Dana Kas dan Padanan Kas akhir tahun Rp.    23.000


0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 7 Lengkap"