Tugas Entrepreneur Bab 9 Lengkap


1. Misalkan Anda seorang Supervisor Produksi yang diberikan tanggung jawab terhadap distribusi produk suatu perusahaan. Saluran distribusi yang bagaimanakah yang akan Anda pilih? Bagaimana strategi distribusi yang akan diterapkan? Perlukah penanganan material dilakukan terhadap produk tersebut.
Jawab:
Tentunya saya akan mendistribusikan melalui Agen atau Broke. Karena jangkauannya lebih luas, dan tentunya kuantitas penjualan akan meningkat, karenajarinagan agen atau broker itu luas penyaluran distribusinya. Setelah dari agen akan didistribusikan ke grosir, kemudian ke pengecer dan selanjutnya konsumen.
Penaganan material pu diperlukan untuk mengoptimalkan ruang pengiriman dan memudahkan penyediaan ulang.

2. Sebutkan danjelaskan yang dimaksudkan strategi distribusi dalam perdagangan umumnya.
Jawab:
Strategi distribusi ada 3, antara lain:
a. Distribusi Intensif, yaitu distribusi melalui saluran dan anggota yang banyak (grosir atau pengecer). Biasanya dipakai karena berbiaya rendah dengan daya tarik luas dan jangkauannya luas.
b. Distribusi Eklusif, yakni membatasi letak gegrafis dan jumlah produk. Seperti jam tangan Rolex yang hanya didapatkan di toko Rolex yang resmi.
c. Distribusi Selektif, yakni distribusi melalui grosir dan pengecer terpilih yang memberikan kelebihan khusus. Biasanya diterapkan di peralatan dan produk rumah tangga.

3. Strategi distribusi manakah yang dapat digunakan dalam perdagangan untuk memasarkan berbagai macam kebutuhan konsumen segmen keseluruhan.
Jawab:
Kebanyakn menggunakan Distribusi Intensif, yaitu distribusi melalui saluran dan anggota yang banyak (grosir atau pengecer). Biasanya dipakai karena berbiaya rendah dengan daya tarik luas dan jangkauannya luas.

4. Bagaimana strategi yang akan diterapkan untuk mengurangi biaya transportasi produk perusahaan? Moda transportasi yang bagaimanakah yang kan menjadi pilihan dalam penyaluran produksi perusahaan tersebut?
Jawab:
Untuk mengurangi biaya transprortasi perusahaan, alangkah baiknya perusahaan memiliki kendaraan distribusi pribadi. Sehingga uang yang harus digunakan untuk menyewa alat trasprotasi, digunakan untuk mengkredit alat tranportasi, sehingga perusahaan memiliki alat trasnprotasi pribadi.

5. Datanglah ke supermarket, contoh: Jogja, Hypermart dan lain-lain. Lihatlah produk-produk yang menjadi pajangan supermarket. Menurut Anda bagaimanakan sebaiknya saluran dan strategi distribusi yang akan dijalankan sehingga dapat meminimalisasi biaya perusahaan?
Jawab:
Perusahaan alangkah baiknya bekerja sama dengan pihak distributor, misalnya perusahaan hanya menjual produk produknya di supermarket tersebbut saja. Sehingga supermarket pun ikut ramay karena banyak konsumen yang membeli produk tersebut.

6. Strategi distribusi yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk dapat menjangkau distribusi barang sampai ke pelosok-pelosok daerah, jelaskan pendapat saudara.
Jawab:
Untuk memanjangkan jangkauan atau wilayah geografis, tentunya kita membutuhkan agen agen seperti gorsir dan penengecer. Serta harus mempfokuskan mengenai positioning, kita harus lebih focus ke wilayah-wilayah pelosok untuk distribusi.

7. Sebutkan dan jelaskan faktor apa sajakah menurut saudara dapat memengaruhi distribusi suatu barang.
Jawab:
Factor yang dapat mempengaruhi distribusi adalah:
a. Saluran Distribusi.
b. Cakupan Pasar
c. Biaya
d. Kontrol
e. Konflik saluran.

8. Buatkan sebuah model sederhana terkait distribusi barang yang dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal.
Jawab:
Produsen -> Agen Broker -> Grosir -> Pengecer -> konsumen. Factor eksternal yang biasa ditemui adalah tidak sampainya atau terlampat sampai barang yang harus didistribusikan.

9. Faktor-faktor internal apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam system distribusi barang.
Jawab:
Factor internal yang biasa terjadi adalah pengemasan yang buruk. Sehingga barang atau produk cacat saat sampai di pengecer karena pengemasan yang kurang baik.

10. Apakah dalam system distribusi saudara dapat menciptakan pasar baru, bagaimanakah caranya sehingga hal tersebut bisa tercapai.
Jawab:
Tentunya ya. Caranya dengan pengemasan yang baik, perhitungan waktu yang tepat. Sehingga barang samapai dengan utuh dan tepat waktu untuk dipasarkan.


0 Response to "Tugas Entrepreneur Bab 9 Lengkap"